PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Distribusi Pratama.

News Detail

Perlu Kamu Tahu, Ini Dia Perbedaan Gypsum Aplus dan Elephant!

Perlu Kamu Tahu, Ini Dia Perbedaan Gypsum Aplus dan Elephant!

Banyak informasi dan tips yang dapat kamu lakukan untuk mempercantik rumah ketika kamu sedang membangun atau merenovasi rumah. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mempercantik rumah adalah dengan menambahkan gypsum pada dinding.

Mengapa menggunakan gypsum? Pondasi dasar rumah disusun atas material batu bata. Jika dibiarkan atau hanya ditutupi dengan menggunakan semen, selain menghilangkan estetika rumah tetapi juga membuat dinding cepat lembab.

Selain alasan yang telah disebutkan, ada fungsi lain juga yang bisa didapatkan jika kamu menggunakan gypsum. Misalnya saja suhu rumah menjadi lebih sejuk karena gypsum dapat meredam panas. Gypsum dapat meredam suara, selain itu dapat meredam api. Sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran rumah, api tidak akan menjalar jauh.

Tetapi permasalahannya adalah terdapat banyak jenis papan gypsum dengan spesifikasi berbeda. Kamu mungkin saja bingung untuk memilih gypsum mana yang bisa kamu gunakan. Berikut merupakan perbandingan antara gypsum Aplus dan Elephant yang dapat kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Keunggulan Gypsum Aplus dan Elephant

Baik gypsum Aplus maupun Elephant, perlu diketahui bahwa kedua gypsum ini baik untuk digunakan untuk partisi dan plafon. Selain itu, kedua gypsum ini memiliki fleksibilitas yang tinggi atau mudah untuk dilengkungkan. 

Keunggulan kedua jenis gypsum dari segi ketahanan terhadap lingkungan tidak jauh berbeda. Gypsum Aplus tahan terhadap kelembaban, panas, api, dan perubahan cuaca ekstrem. Sangat digunakan di Indonesia dengan iklim yang tidak menentu. Sementara itu, gypsum Elephant tahan terhadap iklim dan juga gempa.

Kelebihan lain yang dimiliki gypsum Aplus adalah meskipun termasuk gypsum yang ringan namun gypsum jenis ini sangat kuat bahkan tahan terhadap benturan sekalipun. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan gypsum yang mudah pecah atau rapuh ketika sedang dibawa maupun dilakukan pemasangan.

Sementara gypsum Elephant memiliki kelebihan berupa garis sekrup yang mempermudah proses pemasangan. Ditambah lagi, gypsum jenis ini mudah untuk didaur ulang karena tidak mengandung zat berbahaya bagi lingkungan.

Kekurangan Gypsum Aplus dan Elephant

Meskipun terdapat kelebihan, tentu saja setiap produk tidak luput dari kekurangan. Begitu juga dengan jenis gypsum Aplus dan Elephant. Gypsum Aplus tidak menyediakan gypsum yang multifungsi. Kamu diharuskan untuk memilih salah satu jenis gypsum dengan fungsi berbeda seperti standar, tahan lembab, dan tahan air. Semua fungsi ini disajikan dalam ketiga warna yang berbeda dan menyesuaikan estetika rumah.

Disisi lain, gypsum Elephant memiliki warna yang cenderung monoton atau terdiri dari satu varian warna. Dibandingkan dengan gypsum Aplus yang memiliki 3 variasi ketebalan, gypsum Elephant hanya memiliki 2 variasi ketebalan yang berbeda.

Spesifikasi Gypsum Aplus dan Elephant

Perbedaan antara gypsum Aplus dan Elephant selanjutnya dilihat dari segi spesifikasi. Berikut merupakan spesifikasi gypsum untuk masing-masing merk yang berbeda.

Spesifikasi Gypsum Aplus

  • Dimensi ukuran: gypsum Aplus memiliki dimensi ukuran berupa panjang 2400 mm, lebar 1200 mm, dan tebal yang bervariasi yakni 9 mm, 12 mm, dan 15 mm.

  • Berat: berat gypsum Aplus juga bervariasi tergantung pada tebalnya. Berat dari yang terkecil dimulai dari 5 kg/m2, 6.3 kg/m2, dan 11.25 kg/m2.

  • Pilihan Warna: warna gypsum Aplus juga bervariasi tergantung dari tipenya. Warna abu-abu untuk tipe standar, hijau untuk tipe tahan lembab, merah muda untuk tipe tahan api. 

  • Standar mutu: standar mutu gypsum Aplus terdiri atas ASTM C 1396 yang merupakan standar mutu gypsum dan SNI 03-6384.

  • Harga: gypsum Aplus berada pada rentang harga Rp45.000-Rp101.000.

Spesifikasi Gypsum Elephant

  • Dimensi ukuran: gypsum Elephant memiliki panjang 2400 mm, lebar 1200 mm, dan tebal bervariasi 9 mm dan 12 mm. 

  • Berat: untuk dimensi tebal 9 mm, gypsum jenis ini memiliki berat 5.45 kg/m2 dan untuk dimensi 12 mm memiliki berat 7.27 kg/m2.

  • Pilihan Warna: gypsum Elephant hanya memiliki satu variasi warna dengan bagian muka berwarna putih ivory dan bagian belakang papan berwarna coklat.

  • Standar mutu: gypsum Elephant memiliki tiga jenis standar mutu yakni ASTM C 1396 yang merupakan standar mutu gypsum, ASTM C 473 merupakan standar uji fisik, dan ASTM C 840 yang merupakan standar untuk finishing dan pemasangan.

  • Harga: gypsum Elephant berada pada rentang harga Rp60.000-Rp100.000

Sekian informasi terkait perbedaan gypsum Aplus dan Elephant yang bisa disampaikan. Semoga informasi ini membantu kamu dalam menentukan gypsum terbaik untuk interior rumahmu, ya!

Setelah mengetahui keunggulan papan gypsum untuk dinding rumah, saatnya Anda menemukan papan gypsum dengan kualitas terbaik di CV Karunia. Kami menyediakan papan gypsum dengan merk - merk terbaik yang ada di Indonesia. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.