PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Distribusi Pratama.

News Detail

Berbagai Jenis Papan Gypsum dan Fungsi Utamanya

Berbagai Jenis Papan Gypsum dan Fungsi Utamanya

Popularitas material gypsum memang sulit ditandingi oleh bahan lainnya, terutama dari segi kualitas maupun fungsi. Secara umum, bahan tersebut dikenal sebagai eternit dan banyak digunakan pada pekerjaan proyek seperti konstruksi.

Kualitas merupakan salah satu alasan utama dari maraknya penggunaan gypsum, dengan kemampuan masing berdasarkan jenisnya. Ulasan soal jenis beserta fungsinya secara lengkap akan disajikan pada uraian di bawah berikut ini.

Jenis-jenis Gypsum Berdasarkan Material dan Fungsinya

Gypsum terbuat dari beberapa material tertentu yang kemudian berpengaruh pada fungsinya ketika digunakan. Beberapa di antaranya adalah selenite, alabaster, desert, reguler, tahan terhadap air maupun api, hingga mampu meredam suara. 

  1. Selenite

Sumber: https://www.istockphoto.com 

Gypsum dari bahan selenite cenderung berbentuk pipih dengan tekstur pada permukaannya yang terlihat sangat khas. Material ini memiliki ciri khas berupa serabut serta butiran bening halus sebagai penyusun material utamanya.

Selenite merupakan bahan umum dalam produk cat, ubin, drywall, kapur papan tulis, pupuk, hingga plester. Selain itu, strukturnya juga sangat kuat jika dijadikan sebagai papan untuk memenuhi berbagai kebutuhan industri.

  1. Alabaster

Sumber: https://www.istockphoto.com 

Material alabaster memiliki ciri-ciri berupa serat berjaring yang terlihat sangat halus. Warnanya putih bersih dan hampir memenuhi seluruh permukaannya secara keseluruhan, sehingga sangat cocok dipakai hiasan dekorasi seperti ornamen mozaik.

Susunan struktur alaminya terdiri dari batuan sedimen seperti sulfat hidro kalsium. Salah satu jenisnya yang disebut kalsit, sangat keras dan memiliki ketahanan tinggi terhadap goresan sehingga cocok untuk karya seni.

  1. Desert

Sumber: https://www.istockphoto.com 

Sesuai dengan namanya, gypsum dessert bertekstur kasar dan berpasir sebagai pembentuk struktur utamanya. Bentuknya mirip dengan bunga dengan serat-serat di seluruh permukaan, serta lazim ditemukan di tempat-tempat gersang seperti gurun.

Lewat proses kalsinasi dengan bahan-bahan kimia tertentu, gypsum dari bahan ini digunakan sebagai produksi papan. Strukturnya yang kuat memungkinkan untuk digunakan pada proyek pembangunan karena tahan panas serta kedap suara.

  1. Reguler

Sumber: https://www.istockphoto.com 

Papan gipsum reguler biasa digunakan pada penutup dinding interior dan langit-langit pada bangunan. Penggunaannya banyak diaplikasikan pada perumahan dan komersial sebagai partisi dinding kering dan sebagai dasar untuk soffit eksternal.

Keuntungan dari penggunaannya adalah berbiaya rendah, mudah dipasang tahan api, tidak beracun, kedap suara, serta mudah didapatkan. Hanya saja, benda tersebut rentan mengalami kerusakan akibat benturan keras sebagai bentuk kekurangannya.

  1. Tahan Air

Sumber: https://www.istockphoto.com 

Gypsum ini dirancang secara khusus agar mampu menahan air yang muncul akibat kelembaban pada udara. Materialnya dibuat dengan bahan kimia terformulasi secara khusus serta terbungkus kertas daur ulang tahan air.

Oleh sebab itu, gypsum mampu bertahan terhadap air, kelembapan, dan serangan rayap sehingga masa pakainya lebih panjang. Sangat cocok diaplikasikan pada ruangan yang lembab, mengandung rayap, hingga rawan terpercik air.

  1. Tahan Api

Sumber: https://www.istockphoto.com 

Papan gipsum tahan api biasanya berbentuk drywall yang difungsikan untuk mencegah penyebaran api pada bangunan. Kandungan materialnya terdiri dari 21% air yang dikombinasikan secara kimia, sehingga efektif untuk menahan panas.

Ketika drywall gypsum terkena api, komposisi air pada bahan secara perlahan dilepaskan sebagai uap. Hal tersebut sangat efektif untuk memperlambat transmisi kenaikan suhu jika mulai panas, sehingga keamanan lebih terjamin.

  1. Peredam Suara

Sumber: https://www.istockphoto.com 

Gypsum akustik merupakan salah satu jenis khusus yang digunakan sebagai peredam suara, maupun dikontrol sesuai kebutuhan. Sangat ideal untuk dinding interior di hotel, restoran, rumah sakit, sekolah, hingga studio musik.

Penggunaannya biasa diposisikan sebagai drywall, untuk melindungi ruang dalam dari kebisingan dari luar. Materialnya terdiri dari kayu lapis atau pulp, papan asbes semen, serta polimer karena sifatnya yang mampu menyerap suara.

Secara umum, gypsum banyak digunakan sebagai bagian dari sebuah konstruksi untuk melengkapi fungsinya. Mulai dari dekorasi, peredam suara, hingga memperkuat struktur bangunan karena memiliki ketahanan tertentu terhadap panas hingga lembab.

Setelah mengetahui berbagai jenis papan gypsum, saatnya Anda menemukan papan gypsum dengan kualitas terbaik di CV Karunia. Kami menyediakan papan gypsum dengan merk - merk terbaik yang ada di Indonesia. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.