PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Pratama Distribusi.

News Detail

Perbandingan Kalsiboard dengan Bahan Lainnya

Perbandingan Kalsiboard dengan Bahan Lainnya

Kalsiboard merupakan salah satu bahan bangunan yang berbentuk seperti papan kuat. Kalsiboard ini terbuat dari campuran pasir silika, semen, dan serat selulosa. Campuran itu kemudian diproses bersamaan dan dikeringkan dengan suhu dan tekanan yang sangat tinggi. Perbandingan kalsiboard dengan bahan lain sering menjadi pertimbangan dalam penggunaannya.

Bahan kalsiboard ini biasanya dipilih untuk perumahan dan hunian tempat tinggal karena memiliki banyak keunggulan. Kalsiboard lebih kuat, lebih tahan air, dan juga tahan benturan. Kalsiboard dinilai aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan.

Bahan kalsiboard ini juga merupakan bahan yang anti rayap, anti karat, dan anti lapuk. Jika muncul noda air pada plafon kalsiboard, perbaikannya cukup dengan mengamplas dan menggantinya kembali. Bahan kalsiboard ini juga tahan terhadap api.

 

Perbandingan Kalsiboard dengan GRC, Bagus Mana?

Kalsiboard maupun GRC sama-sama menjadi bahan yang sering digunakan untuk plafon di rumah. Kalsiboard dan GRC memiliki kelebihan masing-masing. Bahan kalsiboard dan GRC sama-sama menawarkan harga yang kompetitif

Perbandingan kalsiboard dengan GRC dapat diketahui dari kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan. Kelebihan kalsiboard adalah dapat menciptakan beragam bentuk seperti lengkungan, kuat, dan juga aman. Jenis kalsiboard ini paling sering digunakan pada bangunan mulai dari kalsiclad, kalsipart, klasifloor, dan juga kalsiqua.

Kalsiclad sangat cocok digunakan untuk ruangan terbuka atau outdoor, kalsipart biasanya digunakan untuk menyekat dinding ruangan, kalsifloor cocok untuk lantau yang dijamin kekuatannya untuk menahan beban. Berikutnya adalah kalsiqua, yang biasanya digunakan untuk dinding yang rawan basah.

Berikutnya adalah GRC, yang merupakan singkatan dari Glass Reinforced Concrete. Bahan plafon ini dibuat dari campuran semen dan serat, lebih ringan jika dipasang pada atap rumah. GRC cenderung tahan air dan cocok digunakan pada bangunan dengan tingkat kelembapan yang tinggi. Kelebihan GRC adalah lebih mudah dipasang pada atap, dan harganya lebih ramah di kantong.

 

Ketahui Kualitas Sekat Dinding dari Kalsiboard dan Triplek Ini!

Jika Anda ingin menggunakan sekat dinding untuk membuat ruangan-ruangan pada rumah Anda, sebaiknya Anda memperhatikan kualitas penyekat dinding yang ingin Anda gunakan. Material yang biasanya digunakan untuk penyekat dinding adalah kalsiboard atau triplek, sebagai pengganti tembok.

Untuk memilih kualitas penyekat dinding antara kalsiboard atau triplek, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Penyekat dinding kalsiboard atau Calcium Silicater Board (CSB), dibuat dari bahan filler, semen, silica, dan serat selulosa. Penyekat dinding kalsiboard ini dibuat dengan teknik pengeringan menggunakan tekanan tinggi atau yang biasa disebut autoclaving.

Kalsiboard yang biasa digunakan sebagai sekat dinding adalah jenis kalsiboard partisi/kalsipart. Papan ini terjamin bagus kualitasnya dan dikenal sebagai produk yang kuat dan tahan lama. Kalsipart ini juga diakui menggunakan bahan yang aman dan ramah lingkungan, serta tahan air dan api.

Anda dapat memperoleh informasi lebih lengkap mengenai papan sekat kalsiboard dan perbandingan kalsiboard tersebut dengan papan sekat triplek melalui artikel yang berjudul Tentukan Kualitas Sekat Dinding dari Kalsiboard dan Triplek.

 

Manakah yang Terbaik? Kalsiboard GRC atau Kalsi?

Plafon rumah klasiboard GRC dan kalsi selalu menjadi yang terdepan berkompetisi dalam merebut perhatian masyarakat. Kedua material tersebut memiliki kelebihan masing-masing yang terkadang membuat konsumen bingung ingin memilih menggunakan material mana untuk dipasang di rumah.

Plafon merupakan bagian yang penting pada ruamah. Plafon dapat memberikan perlindungan penghuni rumah dan memberikan nilai estetik pada interior rumah Anda. Kalsiboard GRC dan kalsi merupakan pilihan yang bisa Anda gunakan untuk plafon rumah Anda.

Antara kalsiboard GRC dengan Kalsi, harga yang disajikan sangat kompetitif. Anda bisa memperhitungkan dulu budget yang Anda miliki dan kemudian menentukan plafon mana yang cocok dan sesuai dengan budget Anda tersebut. Jika Anda mempertimbangkan menggunakan plafon antara kalsiboard GRC dan kalsi, Anda dapat menyimak artikel ini supaya memahami apa perbedaannya.

Kalsiboard Kalsi

Pertama, untuk membahas mana yang terbaik kalsiboard GRC vs kalsi, kami akan memberi penjelasan detail tentang Kalsi terlebih dulu. Bahan material pembuatnya adalah campuran semen, silica, dan juga fiber selulosa.

Memiliki keunggulan baik untuk kesehatan para penghuni karena meterialnya tidak mudah terbawa angin, sehingga aman untuk paru-paru manusia. Keunggulan lain dai Kalsi, yaitu :

  • Ada beragam ukuran tersedia, untuk plafon biasanya 8 mm.
  • Pemasangannya sangat cepat karena praktis dan mudah.
  • Usia pakai cukup lama, sehingga tidak menambah biaya perbaikan atau renovasi lagi.
  • Bebas dari bahan asbes 100% serta telah memiliki sertifikasi internasional.

Produk GRC

GRC sendiri memiliki kepanjangan Glass Reinforced Cement. Bahan pembuatnya adalah campuran semen dan serat. Jika dari bahan pembuat kalsiboard GRC vs Kalsi memang berbeda. Karena GRC hampir sama seperti beton tapi lebih ringan.

Jika mengadu pada kelebihannya, berikut keuntungan yang akan diperoleh bila Anda menggunakan GRC :

  • Bisa dibentuk sesuai dengan keinginan.
  • Cukup mudah dipasang, hanya saja perlu kesabaran ekstra.
  • Harganya cukup murah dibandingkan dengan Kalsi, namun jarang ditemukan pada toko material biasa.

Plafon kalsi memiliki dimensi yang stabil. Kalsi yang dipasang lurus maupun melengkung, dimensinya tidak akan berubah, jadi tukang akan lebih cepat memasangnya. Kalsi sangat mudah ditemukan di berbagai toko bangunan. Produk kalsi ini juga memberikan kenyamanan dan ramah lingkungan, karena tidak ada kandungan asbes, anti air, anti rayap, dan anti karat. Sedangkan kalsiboard GRC memberikan harga yang lebih murah dibandingkan kalsi. Namun, di pasaran tidak banyak dijual.

 

Kalsiboard Berbeda dengan Asbes

Tahukah Anda bahwa kalsiboard berbeda dengan asbes? Bahan material antara kalsiboard dengan asbes jelas berbeda. Harga kalsiboard memang jauh lebih mahal dibandingkan asbes, namun manfaat yang diberikan jauh lebih baik dibandingkan asbes. Perawatan kalsiboard juga lebih mudah. Dengan menggunakan kalsiboard, rumah Anda aman dari kebocoran air saat musim hujan dan tetap sejuk saat musim kemarau.

Kualitas Kalsiboard Berbeda dengan Asbes

Kalsiboard biasa digunakan pada perumahan modern yang baru saja dibangun. Namun kalsiboard berbeda dengan asbes. Kalsiboard ini memiliki beragam fungsi, dan setiap fungsinya dibuat dengan ketebalan berbeda. Berbeda dengan asbes yang hanya bisa digunakan untuk atap saja.

Hal di bawah ini yang menjadikan kalsiboard berbeda dengan asbes:

  • Dapat digunakan untuk plafon rumah, membuat rumah Anda terbebas dari rembesan atau kebocoran saat musim hujan.
  • Kalsiboard bisa menjadi papan penyekat dengan kualitas yang bagus karena ketebalan dan dimensinya dapat dipilih sesuai kebutuhan.
  • Kalsiboard dapat digunakan untuk eksterior rumah.
  • Kalsiboard juga dapat dipasang untuk lantai.
  • Ketika dipasang sangat fleksibel, dapat dipasang mendatar atau melengkung namun kondisi tetap stabil. Sementara asbes tidak dapat dipasang melengkung karena kaku.

Alasan Kenapa Harus Memilih Kalsiboard Dibanding Asbes

Ini adalah alasan mengapa Anda harus memilih kalsiboard dibandingkan asbes:

  • Asbes mudah sekali pecah.
  • Ruangan menjadi panas karena asbes sangat mudah menyerap panas matahari.
  • Asbes mengandung unsur fiber dan mineral karsinogen yang tidak baik untuk kesehatan. Selain itu partikelnya halus dan mudah terhirup dalam pernapasan manusia.
  • Tampilan asbes kurang menarik untuk eksterior rumah.
  • Kalsiboard 100% tidak terdapat campuran asbes, sehingga diyakini ramah lingkungan.
  • Menggunakan kalsiboard, ruangan menjadi sejuk karena mampu menahan suhu tinggi.

Itulah perbandingan kalsiboard dengan bahan lainnya yang dapat Anda pahami supaya Anda lebih yakin lagi dalam memilih atap mana yang paling cocok untuk Anda gunakan di rumah Anda.

Setelah Anda mengetahui perbedaan Kalsiboard dengan bahan lainnya, kini saatnya Anda menemukan papan kalsiboard dengan kualitas terbaik di CV Karunia. Kami menyediakan papan kalsiboard dengan merk - merk terbaik yang ada di Indonesia. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.