PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Pratama Distribusi.

News Detail

Kenali Papan Gypsum dan Karakteristiknya

Kenali Papan Gypsum dan Karakteristiknya

Bagi Anda yang bekerja dalam bidang properti maupun penyedia berbagai bahan kebutuhan material bangunan tentu tidak lagi asing dengan salah satu material yang dikenal dengan nama papan gypsum. Papan gypsum merupakan salah satu bahan pelapis interior ruangan seperti dinding pembatas, plafon, hingga bahan pelapis dinding bata. 

Saat ini, penggunaan papan gypsum untuk berbagai kebutuhan interior bangunan sudah semakin meluas dan banyak digunakan. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh karakteristik gypsum yang tahan api dan mampu menjadi bahan material finishing yang sangat baik. Tetapi apakah Anda sudah mengetahui karakteristik dan sifat-sifat dari papan gypsum? Artikel berikut akan membahas beberapa informasi mengenai karakteristik dan sifat-sifat fisik dari papan gypsum.

  1. Karakteristik Papan Gypsum

Gypsum (drywall atau sheetrock) merupakan material yang sangat umum digunakan sebagai plafon, dinding pembatas, maupun pelapis dinding bata untuk mengganti plesteran. Material gypsum biasanya terbuat dari mineral gypsum atau kalsium sulfat yang diproses dengan menambahkan berbagai bahan-bahan lainnya sehingga menjadi lembaran dengan karakteristik yang khas. Spesifikasi panel atau papan gypsum yang aman berdasarkan SNI 03-384-2000 adalah terdiri dari bagian inti yang tidak bisa terbakar.

  1. Fungsi Papan Gypsum

Umumnya pemakaian papan gypsum banyak digunakan di negara-negara Eropa yang memiliki empat musim. Hal tersebut karena papan gypsum memiliki manfaat penting untuk menahan cuaca maupun suhu udara dingin agar tidak masuk ke dalam rumah saat musim-musim tertentu.

  1. Sifat-Sifat Fisik Papan Gypsum

Terdapat beberapa sifat-sifat fisik dari material papan gypsum yang perlu Anda ketahui. Sifat-sifat gypsum tersebut adalah sebagai berikut.

  • Material gypsum memiliki sifat kuat dan tahan cabut paku.

  • Material gypsum memiliki ketebalan yang bervariasi

Papan gypsum memiliki tebal 6,4 mm, 8,0 mm, 9,5 mm, 12,7 mm, 15,9 mm, 19 mm atau 25 mm dengan toleransi ketebalan kurang lebih 0,8 mm. Sedangkan tepi papan gypsum memiliki tebal 6,4 mm, 8,0 mm, 9,5 mm, 12,7 mm, 15,9 mm, atau 25 mm dan dapat berbentuk siku, menceruk, menonjol, bulat, runcing, atau miring. 

  • Material gypsum memiliki lebar sampai 1220 mm

Papan gypsum umumnya memiliki lebar 1370 mm dan mempunyai toleransi kurang lebih 2,4 mm.

  • Pengerjaan finishing dan permukaan papan gypsum harus berukuran tepat serta bebas dari kerusakan atau goresan.

  1. Material untuk Pemasangan Dinding Gypsum

Pemasangan papan gypsum sebagai dinding umumnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Pemasangan material tersebut dapat dilakukan dengan cara disekrupkan pada konstruksi rangka material kayu atau metal yang dipasang menurut desain tertentu. Mulai dari permukaan lantai hingga plafon dan dari pinggir ruangan satu ke pinggir ruangan lainnya.

Material yang diperlukan untuk pemasangan dinding gypsum ini antara lain adalah material rangka, seperti kayu, besi hollow atau metal furing, angkur, mur-baut, ampelas, textile tape, sekrup gypsum, papan gypsum, perekat penutup celah atau compound, dan bahan finishing. Sedangkan perkakas yang dibutuhkan meliputi meteran, gergaji, gerinda, bor listrik, obeng, scrape, dan lainnya.

Baca juga : Begini cara memasang list gypsum yang tepat

Demikian penjelasan serta pembahasan mengenai papan gypsum dan karakteristiknya. Semoga artikel tersebut dapat membantu dan memberikan tambahan informasi bagi Anda. Khususnya mengenai hal-hal seputar karakteristik dan fungsi material gypsum yang dapat menjadi salah satu rekomendasi material dalam pembangunan properti maupun rumah Anda sehari-hari.

Setelah mengetahui karakteristik dari papan gypsum, saatnya Anda menemukan papan gypsum dengan kualitas terbaik di CV Karunia. Kami menyediakan papan gypsum dengan merk - merk terbaik yang ada di Indonesia. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.