PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Pratama Distribusi.

News Detail

Begini Cara Pasang List Gypsum yang Tepat

Begini Cara Pasang List Gypsum yang Tepat

Cara memasang list gypsum yang benar-benar sesuai merupakan hal yang penting dalam menciptakan tampilan rumah lebih estetik dan modern. Gypsum, sebagai material yang banyak digunakan, tidak hanya mudah didapatkan tetapi juga memiliki harga yang terjangkau. Selain itu, hasil pemasangan gypsum dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Artikel berikut akan membahas beberapa cara atau langkah dalam memasang list gypsum yang dapat menambah pengetahuan Anda. Informasi dan penjelasan lengkap dapat Anda temukan pada ulasan berikut ini.

Langkah Cara Memasang List Gypsum

Terdapat beberapa langkah, tahapan cara pasang list gypsum. Beberapa langkah atau tahapan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Ukur Panjang Area yang Ingin Dipasang List

ukur panjang gypsum

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum memasang list gypsum adalah mengukur panjang area yang ingin dipasang. Pengukuran ini bertujuan agar panjang tempat pemasangan list gypsum dapat terukur dengan tepat dan pas. Apabila salah mengukur, gypsum yang dipasang bisa jatuh karena ada jeda.. Dan pengukuran yang tidak tepat berpengaruh pada list gypsum lainnya. Yang penting untuk diperhatikan adalah pada bagian sambungan pojok.

2. Sebelum Pasang List Gypsum, Potong dulu

Setelah melakukan pengukuran dengan tepat dan sesuai, langkah kedua selanjutnya Anda perlu memotong list yang akan dipasang sesuai ukuran. Pemotongan ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan cutter maupun gergaji besi.

3. Buat Perekat dari Compound untuk Menempelkan List pada Dinding

Langkah ketiga Anda dapat membuat perekat dari compound yang dapat digunakan untuk menempelkan list pada dinding yang akan dipasang. Jangan lupa untuk menyediakan air, bubuk compound, wadah, dan cape.

Letakkan bubuk compound di suatu tempat atau wadah (umumnya potongan papan gypsum atau potongan tripleks). Hal tersebut karena compound dapat mengeras dengan cepat apabila terkena air kurang dari 10 menit. Karenanya, usahakan agar air Anda campurkan sedikit demi sedikit sambil diaduk pelan-pelan.

4. Oleskan Perekat

Setelah perekat selesai dibuat, Anda dapat melanjutkannya dengan mengoleskan perekat ke list yang sebelumnya telah dipotong. Pastikan untuk mengoleskan perekat tersebut secara merata. Sehingga, semua bagian list dapat menempel pada permukaan dinding dan plafon secara merata.

5. Tempelkan List yang Sudah Diolesi Perekat ke Dinding

ilustrasi pengukuran kalsiboard

Kemudian, tempelkan list yang sebelumnya telah Anda olesi dengan perekat ke dinding dan plafon yang akan dipasang gypsum. Jangan lupa untuk meratakan list tersebut sesuai dengan ukuran tempat yang akan ditempel.

6. Rapikan Bagian Atas dan Bawah dengan Kape

Setelah selesai menempelkan list pada dinding dan plafon, Anda dapat merapikan bagian atas dan bawah list dengan kape dan amplas. Biasanya pada saat penempelan terdapat bekas perekat yang keluar. Merapikan ini dapat dilakukan dengan menggunakan amplas atau kape. Usahakan sambungan list tidak terlihat caranya dengan menambah perekat atau membuat motif yang membuat list gypsum terlihat sambung menyambung.

Baca juga : Berbagai jenis papan gypsum dan fungsi utamanya

Demikian beberapa cara pemasangan list gypsum yang dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi Anda. Semoga artikel tersebut dapat membantu.

Temukan papan gypsum dengan kualitas terbaik di CV Karunia. Kami menjual berbagai macam merk gypsum terbaik. Selain itu, kami juga menjual berbagai macam kalsiboard. Segera hubungi admin untuk mendapatkan harga terbaik