PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Distribusi Pratama.

News Detail

Begini Cara Pasang List Gypsum yang Tepat

Begini Cara Pasang List Gypsum yang Tepat

Gypsum merupakan material yang saat ini banyak digunakan untuk menciptakan tampilan rumah lebih estetik dan modern. Selain mudah didapatkan, gypsum memiliki harga yang cukup terjangkau, serta memiliki hasil pemasangan yang lebih sesuai. Lalu bagaimana cara pemasangan list gypsum yang sesuai?

Artikel berikut akan membahas beberapa cara atau langkah memasang list gypsum yang dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi Anda. Untuk informasi dan penjelasan lengkapnya dapat Anda simak pada ulasan berikut.

Langkah-Langkah Pemasangan List Gypsum

Terdapat beberapa langkah atau tahapan untuk memasang list gypsum. Beberapa langkah atau tahapan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

https://www.freepik.com/

1. Ukur Panjang Area yang Ingin Dipasang List

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum memasang list gypsum adalah mengukur panjang area yang ingin dipasang list. Pengukuran ini bertujuan agar panjang tempat pemasangan list gypsum dapat terukur dengan tepat. Hal tersebut karena kesalahan pengukuran yang menyebabkan adanya ukuran yang kurang sesuai atau meleset sangat berpengaruh terhadap pemasangan list lainnya. Utamanya pada bagian sambungan pojok.

2. Potong List yang Akan Dipasang

Setelah melakukan pengukuran dengan tepat dan sesuai, selanjutnya Anda perlu memotong list yang akan dipasang sesuai ukuran. Pemotongan ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan cutter maupun gergaji besi.

3. Buat Perekat dari Compound untuk Menempelkan List pada Dinding

Selanjutnya, Anda dapat membuat perekat dari compound yang dapat digunakan untuk menempelkan list pada dinding yang akan dipasang. Jangan lupa untuk menyediakan air, bubuk compound, wadah, dan cape.

Letakkan bubuk compound di suatu tempat atau wadah (umumnya potongan papan gypsum atau potongan tripleks). Hal tersebut karena compound dapat mengeras dengan cepat apabila terkena air kurang dari 10 menit. Karenanya, usahakan agar air Anda campurkan sedikit demi sedikit sambil diaduk pelan-pelan.

4. Oleskan Perekat

Setelah perekat selesai dibuat, Anda dapat melanjutkannya dengan mengoleskan perekat ke list yang sebelumnya telah dipotong. Pastikan untuk mengoleskan perekat tersebut secara merata. Sehingga, semua bagian list dapat menempel pada permukaan dinding dan plafon secara merata.

5. Tempelkan List yang Sudah Diolesi Perekat ke Dinding

Kemudian, tempelkan list yang sebelumnya telah Anda olesi dengan perekat ke dinding dan plafon yang akan dipasang gypsum. Jangan lupa untuk meratakan list tersebut sesuai dengan ukuran tempat yang akan ditempel list.

6. Rapikan Bagian Atas dan Bawah dengan Kape

Setelah selesai menempelkan list pada dinding dan plafon, Anda dapat merapikan bagian atas dan bawah list dengan kape. Hal tersebut karena biasanya pada saat penempelan terdapat beberapa bekas perekat yang keluar. Perapian ini dapat dilakukan dengan menggunakan amplas atau kape. Usahakan sambungan list tidak terlihat dengan menambah perekat atau membuat motif yang membuat list gypsum terlihat sambung menyambung.


Demikian beberapa cara pemasangan list gypsum yang dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi Anda. Semoga artikel tersebut dapat membantu.

Temukan papan gypsum dengan kualitas terbaik di CV Karunia. Kami menjual berbagai macam merk gypsum terbaik. Selain itu, kami juga menjual berbagai macam kalsiboard. Segera hubungi admin untuk mendapatkan harga terbaik