PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Pratama Distribusi.

News Detail

Ada Cara Melubangi Plafon Kalsiboard dengan Benar

Ada Cara Melubangi Plafon Kalsiboard dengan Benar

Dalam proses pemasangannya terkadang kalsiboard harus dibentuk dan dilubangi, terdapat cara melubangi plafon kalsiboard yang benar. Memasang material ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengetahui langkah – langkahnya untuk memasangnya.

Selain ini digunakan untuk plafon rumah, material sejenis ini juga dapat digunakan sebagai dinding rumah karena daya tahannya terhadap api dan cuaca. Ada beberapa jenis biasanya dipakai untuk langit-langit rumah yaitu kalsirata dan kalsiboard ling.

Salah satu alasan mengapa banyak dipakai oleh masyarakat luas adalah bahan dari kalsiboard sendiri tidak mengandung asbes. Selain mudah dipasang material ini juga ramah lingkungan dan tidak membahayakan kesehatan.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Plafon Kalsiboard

Perlu Anda ketahui terlebih dahulu mengenai cara memilih material akan digunakan pada hunian Anda. Hal itu sangat penting dan dapat membantu Anda dalam memilih bahan yang tepat.

Material Plafon

Hal paling utama harus diperhatikan adalah mengetahui materialnya. Material ini juga dapat menentukan daya tahan terhadap beban, suhu udara, dan lain-lainnya. Memilih material tahan lama dan sesuai dengan kebutuhan adalah hal perlu diprioritaskan.

Warna Plafon

Bagi sebagian orang warna sangat penting untuk memilih sebuah plafon karena berhubungan dengan nilai estetikanya. Hal ini dapat menjadi perhatian penting jika Anda tidak punya waktu untuk mengecatnya. Memilih warna juga bisa membuat warna tahan lama dibandingkan diwarnai dengan cat.

Ketinggian Rumah

Hal ini sangat penting karena semakin tinggi plafon akan meninggikan juga sirkulasi udara dalam ruangan tersebut. Menjadikan sangat penting memperhatikan ketinggian rumah karena terdapat salah satu jenis plafon berfungsi juga sebagai saringan udara.

Tukang Berpengalaman

Memasang material plafon ini memang paling mudah dan memiliki estimasi waktu yang sedikit. Tetapi, bukan berarti Anda tidak membutuhkan tukang berpengalaman. Mempekerjakan tukang yang berpengalaman akan membuat hasil dari pemasangannya baik.

Baca juga : Cara memotong papan kalsiboard

ilustrasi pengukuran kalsiboard

Inilah Cara Melubangi Plafon Kalsiboard

Pemasangan kalsiboard dikenal sangat mudah dan dapat menghemat waktu pengerjaan dibandingkan dengan material lain. Untuk mengatur ukuran biasanya material ini harus dipotong atau dilubangi untuk menyesuaikan dengan bentuk diinginkan. Cara melubangi kalsiboard sangat mudah serta dapat dikerjakan dalam waktu singkat.

Alat dan Bahan :

Untuk melakukan pengerjaan tentu saja Anda harus mempersiapkan beberapa alat. Alat digunakan sangat mudah dicari Anda tidak perlu khawatir kebingungan mencari alat perkakas yang tidak familiar. Alat yang digunakan untuk melubangi adalah :

  1. Jangka Paku
  2. Palu
  3. Pisau Cutter
  4. Ampelas

Langkah - Langkah Melubangi Plafon Kalsiboard

Sudah menyiapkan semua bahannya, sekarang saatnya untuk melakukan eksekusinya. Cara melubangi kalsiboard plafon cukup mudah, bahkan bisa dilakukan oleh orang biasa sekalipun. Anda bisa mengikuti langkah – langkah melubangi berikut ini.

  1. Gunakan jangka paku untuk membuat goresan melingkar sebanyak 4-5 kali putaran. Diameternya buat sesuai dengan lubang diinginkan. Jangka paku ini bisa dibuat sendiri.
  2. Buat garis diagonal menggunakan cutter melewati pusat lingkaran. Goresan garis ini dibuat agak dalam dan tebal.
  3. Setelah itu, pukul kalsiboard tepat pada daerah yang ingin dilubangi menggunakan palu. Lakukanlah secara perlahan jangan sekuat tenaga karena kalsiboard bisa rusak.
  4. Terakhir, ampelas bagian tepi lubang untuk menghaluskannya.

Kalsiboard adalah salah satu bahan material yang pemasangannya mudah, bahkan pemula saja bisa melakukannya dengan baik. Untuk mengikuti bentuk atau desain yang diinginkan terkadang material ini harus dilubangi atau dipotong. Ada cara melubangi plafon kalsiboard dengan baik dan benar tanpa merusaknya.

Baca juga : Tips menutup sambungan plafon kalsiboard dengan mudah

CV Karunia dipercaya untuk menjadi distributor kalsiboard dan distributor gypsum di seluruh wilayah Indonesia. Kami menyediakan berbagai macam bahan bangunan dengan kualitas dan harga terbaik. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.