PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Distribusi Pratama.

News Detail

Dinding Kamar Lembab? Memasang Kalsiboard Merk Kalsi Bisa Jadi Solusinya!

Dinding Kamar Lembab? Memasang Kalsiboard Merk Kalsi Bisa Jadi Solusinya!

Kalsiboard adalah bahan konstruksi yang sering digunakan sebagai plafon dan dinding pembatas antara ruangan satu dengan ruangan lainnya. Dibandingkan dengan dinding batu bata atau beton, biaya pembuatan dinding kamar dengan kalsiboard lebih murah. Selain itu, pemasangan kalsiboard untuk dinding kamar lebih mudah dilakukan, bahkan oleh pemula sekalipun.

Dinding kamar dengan kalsiboard biasanya digunakan untuk tipe rumah atau kos-kosan yang memiliki banyak kamar. Meskipun tidak kedap suara, namun dinding kalsiboard banyak dipilih karena harganya yang lebih murah dan pemasangannya pun tidak memerlukan waktu yang lama.

Keunggulan Kalsiboard Merk Kalsi Sebagai Dinding Kamar

Kalsiboard merek Kalsi adalah bahan konstruksi yang terbuat dari campuran pasir silika, semen, dan serat selulosa. Material ini memiliki banyak keunggulan, antara lain:

  1. Ketahanan yang Baik

Karena terbuat dari bahan non-organik, kalsiboard merek Kalsi memiliki daya tahan yang cukup baik meskipun tidak sebanding dengan tembok batu bata. Kalsiboard tahan terhadap jamur, karat, api, rayap, kutu atau serangga.

  1. Perawatan Lebih Mudah

Kalsiboard merek Kalsi juga mudah dalam perawatan karena tidak memerlukan perlakuan khusus. Bahan ini dapat dengan mudah dibersihkan dari tetesan air, kotoran, dan noda membandel seperti noda tinta bisa dihilangkan dengan diamplas dan dicat ulang.

  1. Kalsiboard Aman untuk Kesehatan

Berbeda dengan asbes yang dapat menyebabkan kanker paru-paru jika terkena sinar UV, kalsiboard merek Kalsi tidak akan menimbulkan serbuk-serbuk yang berbahaya bagi kesehatan. Kalsiboard tidak memiliki getas sehingga aman digunakan tanpa menimbulkan serbuk-serbuk yang berbahaya bagi kesehatan.

Cara Memasang Kalsiboard Untuk Dinding Kamar

Di bawah ini adalah langkah-langkah memasang kalsiboard untuk dinding kamar menggunakan berbagai jenis kalsiboard yang tersedia di pasaran:

  1. Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama dalam memasang kalsiboard untuk dinding kamar adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Anda bisa membelinya terlebih dahulu di toko bangunan terdekat. Berikut adalah alat dan bahan yang perlu disiapkan:

Alat-Alat yang Dibutuhkan untuk Pemasangan Kalsiboard

  • Gergaji kayu

  • Gergaji besi

  • Spidol

  • Alat ukur

  • Palu

  • Pensil

  • Cutter

Bahan-Bahan yang Diperlukan untuk Pemasangan Kalsiboard

  • Kalsiboard

  • Balok kayu

  • Paku besar

  • Paku kecil

  1. Ukur Dinding Anda

Langkah kedua adalah mengukur dinding sebelum memasang kalsiboard. Tujuannya adalah agar saat dipotong sesuai dan lebih efisien.

  1. Tentukan Lokasi dan Kebutuhan Kalsiboard

Setelah semua alat dan bahan yang diperlukan sudah siap, langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi di mana dinding akan dipasang. Pastikan untuk membersihkan area tersebut terlebih dahulu sehingga bisa dibuat sketsa rancangan untuk pemasangan dinding. Berikut adalah langkah-langkah rinci untuk memasang kalsiboard pada dinding:

  • Tentukan lokasi di mana kalsiboard akan dipasang.

  • Evaluasi setiap zona yang akan diukur.

  • Ukur panjang dan lebar area yang akan dipasang kalsiboard.

  • Tentukan kebutuhan balok kayu berdasarkan ukuran yang telah diukur.

  • Ukur juga kebutuhan kalsiboard yang akan dipasang.

  • Jika semua sudah diukur dan direncanakan, lanjutkan ke langkah selanjutnya.

  1. Siapkan Permukaan Dinding

Pastikan dinding memiliki permukaan yang rata, dan halus dengan cara dibersihkan sebelum dipasang kalsiboard. Hal itu membuat persiapan permukaan dinding jadi salah satu yang tidak boleh dilewatkan.

  1. Pemotongan Kalsiboard dan Kayu

Tahap selanjutnya adalah memotong kalsiboard sesuai ukuran yang telah diukur sebelumnya. Namun, potong hanya pada salah satu tepi kalsiboard sehingga tidak mengganggu keindahan kalsiboard.

Lanjutkan dengan memotong balok kayu yang telah disiapkan sesuai dengan panjang dan lebar ruangan yang akan dibuat dinding. Untuk memperkuat struktur, hindari menggunakan terlalu banyak potongan pada kayu tersebut.

  1. Oleskan Perekat ke Dinding

Setelah kalsiboard dan kayu dipotong, maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menambahkan perekat ke dinding. Hal itu tentu saja untuk membuat kalsiboard tidak mudah lepas.

  1. Pemasangan Kalsiboard dan Rangka Kayu

Sebagai catatan, ukuran rangka yang direkomendasikan adalah 60cm x120cm untuk kalsiboard berukuran 120cm x 240cm. Dan berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pasang balok kayu di atas dan di bawah pada area yang ingin dipasang kalsiboard. Pastikan balok kayu tersebut terpasang dengan kuat dan sejajar.

  • Pasang juga balok kayu di sisi kanan dan kiri dengan ukuran yang sama seperti balok kayu di atas dan bawah. Pastikan juga posisinya sejajar dan kuat.

  • Setelah rangka kayu terpasang dengan baik, ukur kalsiboard dengan ukuran yang tepat untuk pasang di area yang telah disediakan.

  • Tempatkan kalsiboard pada rangka kayu dan ratakan posisinya. Pastikan kalsiboard terpasang dengan baik dan kuat pada rangka kayu.

  • Gunakan paku besar untuk mengamankan kalsiboard ke rangka kayu. Paku kecil bisa digunakan sebagai pengunci tambahan.

  • Jika masih ada sisi kalsiboard yang lebih panjang, potong sisi tersebut dengan gergaji besi atau gergaji kayu. Gunakan cutter untuk memotong sisi kalsiboard yang lebih kecil.

  • Setelah semua kalsiboard terpasang, periksa apakah semuanya terpasang dengan baik dan kuat. Jangan lupa untuk mengecek apakah kalsiboard rata dan tidak bergelombang.

  1. Tutup Sambungan dan Tepi

Setelah kalsiboard dan rangka kayu terpasang dengan rapi, langkah selanjutnya adalah menutup sambungan dan tepi agar hasil akhirnya terlihat lebih sempurna. Berikut adalah cara menutup sambungan dan tepi saat memasang kalsiboard:

  • Gunakan pita perekat khusus: Untuk menutup sambungan kalsiboard, gunakan pita perekat khusus yang dapat menempel dengan kuat pada permukaan kalsiboard. Pasang pita tersebut pada bagian sambungan kalsiboard dan tekan dengan kuat agar menempel dengan rata.

  • Gunakan semen atau plester: Untuk menutup tepi kalsiboard yang terpotong, gunakan semen atau plester dengan cara mengoleskan tipis-tipis pada bagian tepi tersebut. Ratakan dengan spatula atau alat penghalus lainnya dan tunggu hingga mengering.

  1. Pasang Trim dan Aksesori

Saat memasang kalsiboard, penting untuk dipasang trim dan aksesori agar tampilannya lebih rapi dan estetis. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, pasang trim sudut di sekeliling sudut dinding yang sudah dipasang kalsiboardnya. Trim sudut ini berfungsi untuk menutup sambungan antara dinding dan kalsiboard serta memberikan tampilan yang rapi pada sudut-sudut dinding.

  • Selanjutnya, pasang trim pinggir pada tepian kalsiboard yang terbuka. Trim pinggir ini akan menutup tepi kalsiboard yang kasar dan memberikan tampilan yang lebih rapi.

  • Jika ingin memberikan aksesori tambahan, seperti gantungan baju atau rak, maka sebaiknya dipasang sebelum trim pinggir dipasang. Setelah dipasang, trim pinggir akan menutup bagian bawah aksesori dan memberikan tampilan yang rapi pada dinding.

  • Terakhir, pasang trim atas pada bagian atas dinding yang sudah dipasang kalsiboard-nya. Trim atas ini akan menutup sambungan antara kalsiboard dan langit-langit, serta memberikan tampilan yang rapi pada bagian atas dinding.

  1. Finishing

Proses finishing pada kalsiboard meliputi pengamplasan untuk membuat permukaan lebih halus, kemudian diikuti dengan pengecatan menggunakan cat tembok.

Untuk menyatukan antara satu kalsiboard dengan kalsiboard lainnya, terdapat celah yang dapat mengganggu penampilan. Untuk menutup celah tersebut, bisa menggunakan campuran lem kayu dan semen putih.

Kesimpulan

Kalsiboard merk Kalsi merupakan salah satu jenis bahan dinding yang dapat digunakan untuk membuat dinding kamar yang tahan terhadap kelembaban. Namun, untuk memasang kalsiboard ini perlu dilakukan dengan teknik yang benar agar hasilnya dapat memuaskan. Dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan, diharapkan hasil pemasangan kalsiboard dapat rapi, tahan lama, dan sesuai dengan keinginan.

Setelah Anda mengetahui cara memasang kalsiboard merk Kalsi untuk dinding kamar lembab, saatnya Anda menemukan papan Kalsiboard dengan kualitas terbaik di CV Karunia. Kami menyediakan papan kalsiboard dengan merk - merk terbaik yang ada di Indonesia. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.