PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Distribusi Pratama.

News Detail

Dimensi Rangka Kalsiboard

Dimensi Rangka Kalsiboard

Para pemula yang ingin memasang plafon kalsiboard (KalsiRata) perlu menerapkan secara teliti. Karena ketika cara pemasangannya salah maka nanti bisa membuatnya retak atau paling parah terjadi pecah pada permukaan.

Namun bagi yang belum mengerti apa itu kalsiboard jangan khawatir akan sedikit Kami jelaskan. Kalsiboard atau kalsi merupakan sebuah lapisan papan yang terbuat dari beberapa campuran bahan. Tergantung nantinya akan dipasang dimana, papan ini memiliki konsentrasi bahan berbeda. Jika digunakan untuk plafon biasanya akan terbuat dari serat seperti fiber, semen, dan bahan pencampur lainnya. Dengan menggunakan campuran seperti itu maka berat jenisnya juga rendah sehingga tidak membutuhkan rangka terlalu kuat. Ini juga akan menghemat biaya pada proses pemasangan nanti sampai selesai.

Jika sudah terpasang kalsi juga memiliki daya tahan cukup bagus ketika digunakan di dalam ruangan. Oleh karena itu banyak bangunan menggunakannya sebagai salah satu cara meningkatkan insulasi. Jika ingin memasang memang perlu berhati-hati karena bisa pecah jika salah melakukannya. Atau bahkan tidak merekat secara sempurna pada plafon, oleh karena itu Anda perlu mengikuti tutorial berikut ini.

Ukuran / Dimensi Rangka Kalsiboard

  • Menggunakan rangka kayu 40 x 60 mm

  • Jarak tinggi rangka yang direkomendasikan 50 cm hingga 100 cm

  • Jarak rangka penggantung maksimal:

  • 1004 mm (untuk papan ukuran: 1000x1000mm)

  • 1204 mm (untuk papan ukuran: 1200x2400mm)

  • 1224 mm (untuk papan ukuran: 1220x2440mm)

Petunjuk umum pemasangan plafon

  1. Pastikan bahwa setiap komponen rangka plafon telah siap pakai dan dalam kondisi terbaik. Setiap kerusakan maupun kekurangan dari komponen memberikan dampak langsung kepada plafon.

  2. Tentukan struktur yang paling sesuai untuk dipakai dan susunlah secara cermat prosedur dan langkah kerja pemasangannya.

  3. Jika memungkinkan, rencanakan pemasangan papan Kalsi dengan sisi panjangnya sejajar dengan sumber / arah datangnya cahaya (jendela atau lampu).

  4. Tentukan tingkatan penyelesaian akhir (finishing) yang sesuai dengan jenis dan kuat penerangan yang diinginkan di dalam suatu ruangan.

  5. Karakteristik dan penyebaran gaya pada rangka didesain untuk mampu mendukung berat sendiri, berat papan Kalsi, serta berat komponen tambahan seperti insulasi penahan panas dan suara. Jika ada tambahan beban seperti lampu berukuran besar, ventilasi, sistem pengkondisian udara dan sistem lain yang tidak sesuai dengan rangka, tidak direkomendasikan bergantung langsung pada rangka melainkan harus di tumpu langsung ke struktur utama yaitu rangka atap atau lantai. Untuk kasus ini lebih lanjut dapat menghubungi pembuat sistem rangka agar mendapatkan rekomendasi yang sesuai.

  6. Periksa kondisi lingkungan sekitar pemasangan, pastikan kelembaban relatif yang terdapat pada konstruksi beton di daerah tersebut tidak dalam kapasitas dapat menyebabkan timbulnya kondensasi. Jika kondensasi tidak dapat dihindarkan maka pasanglah lapisan pencegah uap air yang berbahan plastik (vapor barrier) diantara rangka dan papan Kalsi, maka air tidak akan jatuh langsung ke lembaran tetapi terhalang oleh plastik tersebut. Hal ini untuk mencegah timbulnya noda pada sisi belakang lembaran dan suatu waktu dapat menyebabkan perubahan bentuk (deformasi) serta retak pada sambungan.

Lapisan pencegah uap air berbahan plastik (vapor barrier)

  1. Pastikan bahwa detil-detil konstruksi yang menjamin pemasangan yang tepat telah dimengerti dengan baik dan benar oleh para instalator.

  2. Lebar bentangan merupakan salah satu elemen utama dalam struktur, penyalahgunaan prosedur seperti penambah bentangan atau

  3. mengurangi jumlah sekrup dalam suatu bentangan dapat menyebabkan kegagalan konstruksi, deformasi dan lekukan pada plafon.

Langkah-langkah pemasangan plafon gantung rangka kayu

  1. Aplikasi ini hanya direkomendasikan untuk produk KALSIRata 3, KALSIBoard Ling 3.5 dan KALSIBoard Ling 4.5 sedangkan sistem sambungan yang direkomendasikan hanya dengan sistem sambungan terbuka (visible joint).

  2. Terlebih dahulu periksa struktur atap dan lantai apakah cukup kuat untuk menahan beban plafon yang akan dipasang, kemudian tentukan titik-titik penggantung (rod hanger) plafon.

  3. Tentukan ketinggian plafon yang diinginkan dengan memberikan tanda garis di sekeliling dinding yang akan dipasang plafon. Berdasarkan ketinggian tersebut, pasang rangka pembatas ketinggian tepat pada garis tersebut dengan jarak sekrup 600 mm.

 

  1. Pasang rod hanger di titik yang telah ditentukan sebelumnya, sesuaikan panjang rod hanger dengan jarak ketinggian plafon yang direkomendasikan adalah 50 cm hingga 100 cm. Jarak antara rod hanger yang disarankan adalah 1004 mm (1200x2400) atau 1204 mm (1200x2400) atau 1224 mm (1220x2440). Rod hanger dapat berupa kayu maupun kawat baja.

  2. Pasang rangka dengan jarak 502 mm (1000x1000) atau 601 mm (1200x2400) atau 611 mm (1220x2440) melintang papan Kalsi. Kemudian ikatkan rod hanger dengan menggunakan KalsiFuring LB (L-bracket) atau lilitkan pada paku pengait pada rangka tersebut.

Gambar pemasangan papan KALSI untuk plafon rangka kayu

Langkah-langkah pemasangan plafon gantung rangka metal

  1. Sistem plafon gantung rangka metal hanya digunakan untuk produk KALSIBoard Ling 6, KALSIBoard Ling 6-R2 dan KALSIBoard Ling 6-R4.

  2. Periksa struktur atap dan lantai apakah cukup kuat untuk menahan beban plafon yang akan dipasang, kemudian tentukanlah titik-titik penggantung (rod hanger) plafon.

  3. Tentukan ketinggian plafon dengan membuat garis di sekeliling dinding. Berdasarkan ketinggian tersebut, pasang rangka pembatas ketinggian (KalsiFuring AMP/wall angle) tepat pada garis dengan jarak sekrup 601 mm (1200x2400) atau 611 mm (1220x2440) atau tepat di bawah rangka pembagi (KalsiFuring).