PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Pratama Distribusi.

News Detail

Perbedaan Kalsiboard dan Gypsum Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Perbedaan Kalsiboard dan Gypsum Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Penting bagi Kita untuk mengetahui perbedaan kalsiboard dan gypsum untuk plafon sebelum membeli dan memasangnya karena kecantikan suatu rumah bisa terlihat melalui partisi plafon yang digunakannya. Plafon memang menjadi salah satu bagian yang menarik penampilan rumah.

Secara fungsional, penggunaan plafon pada atap untuk menyaring hawa panas agar tidak memasuki area dalam rumah. Akan tetapi saat ini, ada banyak variasi model plafon yang sekaligus dapat mempercantik tampilan ruangan.

Bagi Anda yang sedang merenovasi bagian langit-langit rumah ini, pastikan memilih plafon dengan pertimbangan tertentu. Biasanya, ada dua jenis plafon yang biasa digunakan yakni gypsum dan kalsiboard. Kedua jenis plafon tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Nah, sebagai bahan pertimbangan sebelum merenovasi rumah Anda, ada baiknya memperhatikan kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini perbandingan perbedaan kalsiboard dan gypsum.

Apa itu Partisi Plafon?

Sebagian besar dari Anda tentunya sudah tahu, bahwa plafon merupakan interior yang berada di bagian atas sebuah ruangan. Secara umum plafon sering disebut sebagai langit-langit.

Keberadaan plafon berguna untuk menahan kotoran yang turun dari sela-sela atap rumah. Sehingga ruangan bisa terjaga kebersihannya. Selain itu, plafon juga berfungsi untuk mengurangi hawa panas dan percikan air hujan.

Terdapat dua jenis plafon yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik tampilan sebuah ruang, yakni plafon gypsum dan kalsiboard. Sebagai bahan pertimbangan Anda dalam memilih, berikut kelebihan dan kekurangan kedua jenis plafon tersebut.

Plafon dari Gypsum

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Gypsum

Plafon gypsum merupakan salah satu yang sering digunakan pemilik rumah untuk menambah kesan cantik pada ruangan. Plafon itu terbuat dari bahan batuan sedimen. Selain itu, plafon jenis ini juga mudah didekorasi dengan berbagai model dan pola.

Plafon gypsum juga memiliki kelebihan dan kekurangan sebagaimana berikut ini.

Kelebihan Gypsum

  • Dari segi estetika, partisi gypsum lebih rapi dan halus
  • Perawatannya lebih mudah
  • Pemasangannya lebih cepat
  • Dapat ditemukan di pasaran
  • Bisa dipasang menggunakan besi hollow atau kayu

Kekurangan Gypsum

  • Tidak tahan air (kecuali memiliki label water resistance)
  • Jika terkena air dan lembab, gypsum tampak kusam dan berjamur
  • Mudah rusak jika terbentur

Jika Anda ingin memasang plafon gypsum, pastikan atap rumah atau genteng terpasang dengan rapi. Kebocoran yang terjadi dapat merusak gypsum, menjadikannya mudah kotor dan berjamur apabila terkena air hujan.

Baca juga : Sudah memasang plafon gypsum dan ingin menutup sambungannya, simak detail di sini

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Kalsiboard

Selanjutnya plafon kalsiboard, yang terbuat dari pasir silika, semen biru, selulosa dan air. Saat ini kalsiboard digunakan sebagai alternatif selain gypsum dan asbes.

Salah satu keunggulan kalsiboard adalah tahan air saat terjadi kebocoran atap. Air tertahan pada kalsiboard sehingga tidak langsung merembes dan menetesi ruangan.

Kelebihan Kalsiboard

  • Kalsiboard tidak mengandung bahan berbahaya seperti asbes
  • Ketebalannya variatif mulai dari 3-20 mm
  • Proses penyambungan mudah karena pada bagian tepi lebih tipis
  • Daya tahannya lebih kuat dibanding gypsum
  • Mampu melengkung sehingga praktis jika diterapkan pada desain tertentu

Kekurangan Kalsiboard

  • Kalsiboard mudah mengembang dan menyusut sehingga gampang retak
  • Sambungan nat perlu disesuaikan lagi agar tidak mengalami keretakan
  • Perlu rangka yang kuat

Itulah kelebihan dan kekurangan pada plafon gypsum serta kalsiboard. Sebelum melakukan pemasangan, pastikan atap rumah dalam keadaan sempurna dan tidak ada kebocoran. Jika hal sebaliknya terjadi, kedua plafon jenis ini tidak akan bertahan lama.

Baca juga : Begini urutan cara pasang plafon kalsiboard dengan mudah

Temukan papan gypsum dan plafon kalsiboard dengan kualitas terbaik di CV Karunia. Kami menjual berbagai macam merk gypsum terbaik. Selain itu, kami juga menjual berbagai macam kalsiboard. Segera hubungi admin untuk mendapatkan harga terbaik.