PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Pratama Distribusi.

News Detail

Cara Pasang Kalsiclad Dinding Luar Agar Hasil Optimal

Cara Pasang Kalsiclad Dinding Luar Agar Hasil Optimal

Cara pasang kalsiclad paling banyak dicari oleh masyarakat luas karena jarang diketahui. Saat ini penggunaan kalsiclad semakin dibutuhkan masyarakat untuk kebutuhan bahan bangunan saat membuat rumah.

Kalsiclad merupakan papan yang terbuat dari fiber kerap dipakai sebagai dinding luar bangunan. Diaplikasikan pada area outdoor membuat kalsiclad sudah terjamin aman tahan air dan suhu panas.

Bahan utama kalsiclad adalah campuran semen dengan fiber sehingga bisa menghasilkan papan kuat serta tahan lama. Keberadaan kalsiclad mungkin sudah tidak asing bagi kalangan pekerja di konstruksi bangunan.

Namun, cara pasang kalsiclad belum banyak yang tahu, padahal papan dinding luar ini cukup penting. Kelebihan papan dinding luar dengan bahan tersebut yaitu anti jamur, tahan benturan, dan anti rayap.

Bukan hanya itu, bahan kalsiclad juga terbukti kuat serta tahan api sehingga aman digunakan dalam jangka panjang. Dengan ketebalan kalsiclad mulai dari 10 mm atau 12 mm, Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan.

Bagi yang ingin tahu cara memasang kalsiclad dengan benar, mulai sejak dini harus tahu pembahasan kami di bawah. Simak saja langsung cara pemasangan kalsiclad sebagai dinding luar agar optimal.

Cara Pasang Kalsiclad dengan Benar dan Mudah

Cara dalam memasang kalsiclad dengan benar memang harus diperhatikan benar-benar agar pengerjaan maksimal. Berikut cara yang bisa dilakukan:

  • Memakai Standar Keselamatan Kerja

Sebelum melakukan pemasangan pada bahan kalsiclad, Anda harus memakai standar keselamatan kerja agar terhindar dari bahaya kecelakaan. Karena umumnya kalsiclad selalu dipasang di outdoor bagian gedung atau rumah.

  • Melihat Jenis Rangka

Agar dinding luar kalsiclad dapat terpasang dengan optimal, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah melihat jenis rangka. Pilihlah jenis rangka sesuai dengan kebutuhan, bisa dengan besi atau baja ringan.

  • Memakai Bracket

Cara pasang kalsiclad selanjutnya adalah dengan memakai bracket yang adjustable atau bisa disesuaikan. Bracket digunakan untuk menempelkan rangka dengan struktur utama bangunan secara kuat dan tahan dalam waktu lama.

  • Mengatur Jarak Sekrup Antar Rangka

Tahap selanjutnya dengan mengatur jarak sekrup antar rangka yang naik maksimal 610 mm. Sedangkan jarak sekrup di tengah maksimal hanya 300 mm, untuk jarak sekrup tepi maksimal 200 mm.

Rekomendasi jarak sekrup dari sisi pendek minimal dipasang 50 mm, sisi panjang minimal 100 mm. Hal ini perlu dilakukan dengan tujuan membuat kalsiclad lebih kuat menahan beban air.

  • Pengukuran Lebar Dinding

Cara pasang kalsiclad selanjutnya wajib melakukan pengukuran lebar dinding untuk memotong papan kalsiclad. Ukurlah lebar dinding pada kalsiclad sesuai yang ditentukan sebelumnya dengan tujuan mengukur jarak sekrup setelah papan dipotong.

Cara Memasang Kalsiclad yang Sudah Siap

Setelah diukur dengan tepat, maka langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pemasangan papan kalsi yang sudah siap. Tempelkan papan kalsi ke rangka besi yang digunakan secara benar, supaya tidak menimbulkan kendala.

Kemudian, saatnya sekrup dipasang ke papan kalsi dengan rangka sesuai jarak yang direkomendasikan kami. Pastikan selalu memperhatikan jarak penyekrupan supaya tidak ada kesalahan yang terjadi nantinya di papan dinding luar.

Cara pasang kalsiclad yaitu gunakan penutup sambungan dengan memanfaatkan bahan sealant terbaik. Pemasangan penutup sambungan dengan bahan bagus dijamin daya rekat kuat, elastis, dan tahan terhadap cuaca sehari-hari.

Dalam memasang penutup sambungan, Anda harus memakai bracket pada gabus. Pasangkan braket pada gabus secara menyeluruh di atas sealant yang telah ditempel terlebih dahulu.

Kemudian, aplikasikan lem perekat secara merata supaya tahan lama dan bisa menahan berbagai kemungkinan terburuk dari luar. Lem yang kuat bisa memberikan daya kuat lebih terjamin pada papan kalsi.

Terakhir Anda bisa mengecat papan kalsi umumnya dengan warna putih agar terlihat alami. Dengan mengetahui cara pasang kalsiclad, kini saatnya Anda mencoba sendiri dijamin mudah dilakukan di rumah.

CV Karunia adalah distributor resmi kalsiboard di Jawa Timur dan Madura. Kami menyediakan berbagai macam kalsiboard dan bahan bangunan dengan kualitas serta harga terbaik. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.