PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Pratama Distribusi.

News Detail

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Kalsiboard Terbaru Masa Kini

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Kalsiboard Terbaru Masa Kini

Plafon kalsiboard menjadi salah satu pilihan utama dalam desain interior modern yang menonjolkan keunggulannya dalam hal kepraktisan pemasangan, daya tahan, dan tampilan estetis yang menawan. Namun, seperti halnya material konstruksi lainnya, terdapat kelebihan dan kekurangan plafon kalsiboard yang perlu diperhatikan agar pemilik rumah atau desainer interior dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Apa itu plafon kalsiboard?

Sebelum masuk pada pembahasan kelebihan dan kekurangan plafon kalsiboard terbaru, sebaiknya Anda pahami dulu apa itu kalsiboard. Kalsiboard merupakan bahan bangunan yang terbuat dari berbagai campuran material mulai dari silika, serat selulosa, dan semen. Pelajari lebih lanjut bahan ini dalam artikel Memahami Jenis Kalsiboard yang Tersedia dan Standar Ukurannya berikut.

Semua campuran ini nantinya diolah secara bersamaan, kemudian dikeringkan pada suhu dan tekanan yang sangat tinggi. Selain itu, papan kalsiboard sendiri juga memiliki berbagai jenis, dan masing-masing jenis ini punya ketebalan dan fungsinya yang berbeda.

Sebagai contoh, ada jenis kalsipart yang biasa digunakan untuk membuat partisi ruangan, ada pula kalsipart khusus dinding bagian luar. Sedangkan untuk plafon, jenis kalsiboard yang biasa digunakan adalah kalsirata dan ling kalsiboard.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Kalsiboard

Kelebihan plafon kalsiboard

Berikut ini kelebihan dari kalsiboard yang penting untuk diketahui. Berikut ini kelebihan dan penjelasannya.

1. Aman bagi kesehatan

Mungkin sebelumnya Anda pernah bertanya-tanya, apakah plafon kalsiboard terbaru aman untuk kesehatan atau justru sebaliknya. Perihal ini, tentu saja jawabannya sangat aman karena kalsiboard tidak mengandung asbes yang mana dapat memicu kanker paru-paru. Selain itu, kalsiboard juga tidak memiliki sifat getas sehingga tidak akan mengotori rumah Anda.

2. Pemasangan mudah dan cepat

Jika tidak ingin kerepotan dalam memasang plafon, maka plafon kalsiboard bisa menjadi pilihan yang tepat. Bahan satu ini sengaja dibuat sedemikian rupa agar proses pemasangannya lebih cepat dan minimalis. Pastinya hal ini dapat menghemat waktu instalasi pada bangunan Anda bukan?

3. Struktur kuat dan lentur

Tidak bisa dipungkiri, kalsiboard memiliki sifat cukup elastis atau fleksibel. Meski begitu, plafon kalsiboard terbaru tetap kuat dan kokoh. Maka dari itu, bahan ini sangat disarankan bagi Anda yang ingin membuat model plafon lengkung tanpa mengurangi kekuatan yang ada.

4. Perawatan lebih sederhana

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, material satu ini memiliki daya tahan yang baik. Jika sudah begini, perawatan juga jadi lebih sederhana. Bahkan jika ada noda dari tetesan air hujan, Anda hanya perlu mengecat ulang atau mengamplasnya.

5. Tahan terhadap api

Ketahanan pada papan kalsiboard terbaik memang lebih unggul dari bahan lainnya. Hal ini dikarenakan bahan kalsiboard tidak mudah berjamur khususnya pada kondisi yang lembab.

Selain itu, kalsiboard juga tahan terhadap air, api dan serangan rayap. Karena daya tahan yang baik ini, maka masa pakai plafon juga jauh lebih lama.

6. Spesifikasi jelas

Karena material ini terbuat dari pabrik, maka spesifikasinya juga jelas. Ini cukup penting karena kejelasan pada material akan membantu Anda untuk mendesain suatu interior dan mengira-mengira budget yang ada.

7. Usia pakai lebih lama

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, plafon kalsiboard terbaru merupakan bangunan yang sangat awet. Bahan ini tidak mudah rusak, baik oleh serangga maupun jamur. Terlepas dari hal itu, tetap jaga kalsiboard dari air.

Kekurangan plafon kalsiboard

Selain ada kelebihan, pasti ada juga kekurangan yang menyertai. Kekurangan dari material plafon kalsiboard yang terbaru masa kini adalah rentan retak pada sambungan. Ketika cuaca sedang panas, bahan kalsiboard akan menyusut dan menyebabkan keretakan tipis pada rambut plafon.

Hal ini biasa terjadi pada plafon kalsiboard terbaru karena pori-pori pada kalsiboard telah mengecil, yang mana membuat sambungan plafon mengalami sedikit keretakan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa menyiasatinya dengan pemasangan yang tepat dan spek rangka yang solid.

Biasanya rangka pemasangan menggunakan balok penguat di setiap jaraknya (75 cm – 1 meter). Rangka ini berfungsi untuk meneruskan beban ke dinding dan mencegah permukaan plafon dari lendutan.

Untuk menyambungkan kalsiboard, Anda bisa menggunakan lem khusus. Pastikan lem tersebut merekat kuat, supaya sambungan yang terbentuk tidak mudah lepas dari posisinya.

Perawatan kalsiboard untuk plafon rumah

Perawatan plafon kalsiboard untuk rumah merupakan langkah penting dalam menjaga keindahan dan keawetan material ini. Langkah pertama dalam perawatan adalah membersihkan permukaan plafon secara teratur dengan menggunakan kain lembut yang telah dibasahi dengan air bersih atau pembersih ringan. Hindari penggunaan bahan kimia keras atau spons kasar yang dapat merusak lapisan permukaan kalsiboard.

Selain itu, pastikan untuk menghindari kelembaban berlebih atau air tumpahan yang dapat menyebabkan kerusakan pada plafon. Jika terjadi noda atau kotoran yang sulit dihilangkan, gunakan sabun lembut yang dicampur dengan air untuk membersihkannya secara perlahan. Selain perawatan rutin, penting juga untuk memeriksa plafon secara berkala untuk mendeteksi tanda-tanda kerusakan atau keausan, seperti retak, bengkak, atau perubahan warna. 

Rekomendasi distributor kalsiboard terbaik

Setelah mempelajari kelebihan dan kekurangan plafon kalsiboard, kini waktunya Anda mengambil langkah cerdas. Temukan kualitas dan keandalan yang tak tertandingi dengan memilih CV Karunia sebagai distributor kalsiboard pilihan Anda. Hubungi kami sekarang untuk produk unggulan dan layanan terbaik!

Head Office & Show Unit

Jl. Raya Kenjeran No. 420 Surabaya, East Java, Indonesia

Warehouse

Jl. Nambangan no.4-6, Surabaya, Indonesia>

Whatsapp: 081 382 7777 47

Telepon dan Fax: (031) 389 5582389 9767381 3890

Email: karunia420sby@gmail.com