News Detail

Mengatasi Retak Sambungan Kalsiboard Paling Ampuh

Mengatasi Retak Sambungan Kalsiboard Paling Ampuh

Masalah retak sambungan kalsiboard memang sering menghantui para pemasang awam. Hal ini bisa terjadi ketika pada saat pemasangan ada kesalahan yang dilakukan sehingga timbul keretakan.

Bagi yang belum pernah menggunakannya, kalsiboard atau kalsi adalah sebuah papan serat dari beberapa campuran bahan. Papan ini sering digunakan untuk plafon, pelapis dinding luar atau bagian dalam ruangan.

Berat jenisnya yang ringan membuatnya sering digunakan dalam pembangunan rumah. Selain berat jenis faktor ketahanan juga menjadi salah satu alasan mengapa kalsi sering dipakai sampai sekarang.

Harganya juga lebih murah dibandingkan bahan lain dengan ketahanan tidak terlalu jauh berbeda. Sehingga masih banyak orang menyukai menggunakan kalsi untuk plafon rumah masing-masing.

Pada kondisi normal kalsi dapat bertahan selama bertahun-tahun tanpa perlu diperbaiki. Namun ketika kondisi ruangan lembab tentu saja perlu adanya perawatan sehingga tetap bagus ketika digunakan.

Persiapan Mengatasi Retak Sambungan Kalsiboard

Ada beberapa peralatan dan bahan untuk mengatasi keretakan pada plafon sehingga prosesnya bisa cepat. Berikut ini adalah peralatan dan bahan yang perlu Anda persiapkan sebelum mengerjakannya.

  • Semen TR30

Gunakan semen TR30 acian putih sebagai base perekat utama pada bagian retak tadi. Ini adalah bahan paling optimal digunakan karena memiliki kemampuan rekat relatif bagus.

  • Lem

Tidak cukup hanya menggunakan semen saja namun perlu ada tambahan berupa lem. Gunakan lem tembok, rajawali, atau jenis yang sama sebagai bahan tambahan agar lebih awet.

  • Ember

Kemana kita akan mencampurkan bahan jika tidak menggunakan ember. Jangan lupa persiapkan juga air sebagai pengencer agar nantinya bisa mudah ketika melapiskan pada plafon.

  • Kasa Perban

Ini adalah medium tengah yang perlu digunakan untuk membuat proses rekatan semakin sempurna. Bagi pemula mungkin terdengar aneh, namun perhatikan saja bagaimana menggunakannya.

  • Amplas

Ini adalah alat untuk melakukan finishing sehingga nanti hasilnya bisa bagus dan halus. Gunakan amplas paling halus agar tidak merusak permukaan plafon terutama ketika usianya sudah tua.

Apabila sudah mempersiapkan semua peralatan dan bahan maka Anda siap melakukan pekerjaan. Kami sudah mempersiapkan rangkuman paling mudah dipahami sehingga pemula bisa mengikutinya.

Proses Perbaikan Retak Sambungan Kalsiboard

Berikut ini adalah urutan proses perbaikan retak pada kalsiboard plafon yang bisa Anda ikut. Kamu sudah merangkum secara seksama agar para pemula tanpa pengalaman konstruksi bisa memahaminya.

  • Mencampur air dengan TR30

Tuangkan air pada ember kemudian tambahkan semen TR30 sambil diaduk agar tidak ada bagian yang menggumpal. Berapa banyak semennya tergantung berapa besar kerusakan.

  • Diaduk dan tambahkan lem

Masih mengaduk adonan tadi tambahkan lem sedikit demi sedikit hingga menjadi semakin pekat. Kekentalannya tergantung selera pengguna, namun jangan terlalu encer karena tidak akan bisa lengket.

  • Aduk hingga rata

Setelah mendapatkan kekentalan yang diinginkan aduk hingga seluruh campuran tadi merata. Mengapa ini penting karena terkadang masih ada gumpalan semen atau lem yang belum rata dan itu tidak bagus.

  • Oleskan pada pecahan sambungan

Setelah adonan terbuat sempurna oleskan saja menggunakan kuas atau kepi pada bagian retakan. Hati-hati jangan sampai menetes pada mata, jika memungkinkan gunakan kacamata.

  • Tempelkan kasa perban

Olesan pertama tidak perlu terlalu tebal yang penting cukup untuk melekatkan kasa. Kasa ini fungsinya adalah sebagai serat tambahan sehingga nantinya tidak akan retak kembali.

  • Tutup lagi dengan TR30

Setelah kasa terpasang lapisi kembali menggunakan adonan semen TR30 bercampur lem tadi. Untuk lapisan ini bisa lebih tebal dibandingkan yang pertama agar bisa meresap pada serat kasa.

  • Biarkan hingga kering (+/- 30 menit)

Apabila olesan semen tadi sudah dirasa cukup biarkan terlebih dahulu mengering selama 30 menit. Tidak perlu khawatir tidak rapi olesannya karena memang begini caranya.

  • Plamir kembali dengan adonan TR30

Apabila hasil olesan TR30 tadi kurang rapi Anda boleh mengamplasnya sebelum melapisi lagi dengan plamir. Jika sudah halus plamir kembali menggunakan semen TR30 tadi.

  • Amplas sebelum dicat

Biarkan plamir tadi kering terlebih dahulu sebelum melakukan pengecatan. Setelah kering Anda boleh mengamplas kemudian melapisinya menggunakan cat warna yang diinginkan.

Apabila sudah mengikuti beberapa langkah tadi tentu saja hasilnya bisa cepat dan optimal. Masalah retak sambungan kalsiboard sudah teratasi dan tidak perlu khawatir akan retak lagi pada bagian yang sama.

Dapatkan Kalsiboard terbaik untuk bangunan Anda di CV Karunia. Kami merupakan distributor bahan bangunan yang menyediakan bahan bangunan dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Segera hubungi kami untuk mendapatkan kalsiboard impian Anda.