PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Pratama Distribusi.

News Detail

Cara Memasang Plafon Kalsiboard dan Kalsiboard Penyekat Dinding Paling Mudah

Cara Memasang Plafon Kalsiboard dan Kalsiboard Penyekat Dinding Paling Mudah

Para pemula yang ingin memasang plafon kalsiboard KalsiRata perlu memperhatikan secara teliti. Karena apabila cara pemasangannya salah maka bisa membuat retak atau paling parah terjadi pecah pada permukaan kalsi.

Bagi yang belum mengerti apa itu kalsiboard atau kalsi jangan khawatir akan sedikit Kami jelaskan. Pengertian Kalsiboard atau kalsi adalah sebuah lapisan papan yang terbuat dari beberapa campuran bahan dan tergantung nantinya akan dipasang dimana, papan ini memiliki konsentrasi bahan berbeda.

Jika papan tersebut digunakan untuk plafon biasanya terbuat dari serat seperti fiber, semen, dan bahan pencampur lainnya yang hasilnya berat jenis rendah sehingga tidak membutuhkan rangka terlalu kuat. Ini akan menghemat biaya pada proses pemasangan nanti sampai selesai.

Jika sudah terpasang, kalsiboard memiliki daya tahan cukup bagus ketika digunakan di dalam ruangan. Oleh karena itu banyak bangunan menggunakannya sebagai salah satu cara meningkatkan insulasi.

Insulasi adalah proses penyekatan atau penghambatan untuk mencegah perpindahan arus listrik, panas, bunyi, dan sebagainya. Sehingga Kalsiboard bisa berfungsi sebagai peredam panas, bunyi, perpindahan arus listrik

Jika ingin pasang kalsiboard sangat diharuskan untuk berhati-hati karena bisa pecah jika salah melakukannya. Atau bahkan jika salah pasang kerekatannya tidak sempurna, tidak merekat secara sempurna pada plafon, oleh karena itu Anda perlu mengikuti cara-cara memasang plafon kalsiboard berikut ini.

 

Persiapan Awal sebelum memasang Plafon Kalsiboard
Sumber Gambar : Istock Photo

 

Persiapan Awal Sebelum Pasang Plafon Kalsiboard (KalsiRata) untuk Pemula

Sebagai persiapan awal ada beberapa hal yang perlu diikuti dan dipahami agar hasilnya nanti bisa optimal. Berikut ini adalah tahapan yang perlu Anda perhatikan agar pemasangan kalsiboard memiliki hasil yang bagus atau sempurna.

  • Daftar alat yang perlu dipersiapkan

Peralatan yang diperlukan untuk memasang tentu saja kayu, kalsi, palu, paku khusus, lem kayu, penggaris, pensil. Siapkan semuanya agar nanti ketika proses pemasangan tidak perlu mencari lagi.

  • Tandai lokasi holo pada siku besi dengan pensil

Holo digunakan sebagai acuan sudut ketika melakukan pemasangan kalsi. Ini perlu dilakukan misalnya ruangan tidak memiliki siku, namun jika ruangannya bersiku maka tahap ini bisa dilewati.

  • Mulai memasang dari sudut ruangan

Mulai pasang rangka kayu dan kalsi pada bagian sudut ruangan terlebih dahulu. Tujuannya adalah melihat apakah ruangan tersebut siku atau tidak untuk menentukan kebutuhan potongan.

  • Bagian cekung pada tepian papan harus selalu dipasangkan bersama dan menghadap lantai

Ada dua muka pada bagian papan yaitu bagian cekung atau halus dan bagian yang bergelombang. Pastikan bagian halus menghadap lantai agar nanti ketika dilapisi plamir bisa bagus hasilnya.

  • Jika menggunakan sekrup, perhatikan bagian kepalanya agar tidak merusak kalsi

Kami sangat merekomendasikan penggunaan paku dibandingkan sekrup. Namun jika hal ini tidak bisa terjadi maka penggunaan sekrup usahakan kepalanya jangan sampai terpendam.

Apabila sudah mempersiapkan tahapan tersebut tentu saja sudah mulai pada langkah lanjutan. Kami juga sudah merangkum bagian lanjutan agar nantinya pemasangan ini bisa optimal.

3 Langkah Akhir saat memasang KalsiRata

Ada tiga hal lanjutan yang perlu dipahami pada saat pemasangan kalsi sehingga hasilnya menjadi bagus. Berikut ini adalah tiga langkah yang dapat Anda lakukan sehingga prosesnya cepat.

  • Pastikan jarak paku 10 mm dari bagaian tepi kalsi agar kerapatannya terjaga

Ini adalah fungsi dari pensil dan penggaris tadi yaitu untuk menandai bagian tepian kalsiboard. Usahakan membuat garis satu sentimeter dari tepian sebagai acuan pemasangan paku.

  • Buat penopang agar kalsiboard tidak jatuh pada saat proses pemasangan

Untuk menopang panel kalsiboard bisa menggunakan penyangga kayu yang dipasang pada lantai. Atau jika ingin lebih sederhana gunakan saja lem perekat serbaguna pada saat awal pemasangan.

Gunakan Penyangga saat memasang plafon kalsiboard kalsirata
Sumber Gambar : Istock Photo

Lem tersebut akan tetap bertahan untuk sekitar satu minggu sehingga tidak perlu membuat penopang. Baru ketika semua paku telah terpasang kita tidak membutuhkan penopang lagi.

  • Lanjutkan pemasangan seperti langkah sebelumnya sampai selesai sempurna

Setelah semua langkah sebelumnya dilakukan tinggal mengulangi saja sampai seluruh bagian terpasang. Jadi Anda bisa melakukannya tanpa perlu membuang banyak waktu.

Selain pemasangan KalsiRata yang cukup sulit, bagi para pemula memasang kalsiboard penyekat dinding ( KalsiPart ) merupakan hal yang tak kalah sulit. Ketika salah tentu bahan ini akan rusak sehingga tidak dapat digunakan untuk tujuan semula yaitu menyekat dinding. Jika Anda ingin tahu bagaimana aplikasi dinding Kalsiboard secara mudah tidak perlu khawatir, berikut ini kami rangkum apa saja yang perlu dipersiapkan dan langkah pengaplikasiannya.

Cara Memasang KalsiPart, Kalsiboard untuk Dinding bagian Dalam

Langkah dan cara memasang KalsiPart tidak jauh berbeda dengan KalsiRata, perbedaannya pada tahap akhir yaitu melakukan finishing agar nampak rapi dan hasilnya halus dan rata. Kalsiboard untuk dinding bagian dalam berbeda dengan bagian luar. Papan ini dipasang bisa digunakan sebagai partisi atau penyekat. Contohnya suatu ruangan ingin dibagi menjadi dua, salah satu jalan keluarnya adalah memberi penyekat atau partisi, dan dipasanglah Kalsiboard. Berikut tahapan langkah aplikasi dinding Kalsiboard : 

Alat untuk Memasang Kalsiboard untuk Dinding (KalsiPart)

Ada beberapa peralatan pendukung yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pemasangan. Sehingga nantinya cara memasang kalsiboard untuk dinding menjadi lebih mudah dan tidak memakan waktu terlalu lama.

  • Kalsiboard

Ini nanti adalah properti yang akan digunakan jadi jangan sampai lupakan ketika hendak memasangnya. Jangan menaruhnya di tempat lembab karena bisa merusak strukturnya.

  • Alat Ukur

Alat ukur yang diperlukan seperti mistar, meteran lipat, meteran siku, dan jangka jika dibutuhkan. Jadi persiapkan agar nanti proses pemotongannya bisa sesuai ukuran dan bagus hasilnya.

  • Paku Khusus

Kalsiboard tidak bisa dipaku menggunakan paku biasa karena bisa merusak strukturnya. Gunakan paku yang berbentuk kotak kemudian memiliki ukuran kecil sehingga tidak merusak struktur.

  • Alat Pemotong

Alat pemotong bisa berupa gergaji, cutter, atau pisau lipat ketika dibutuhkan. Pastikan menggunakan pemotong yang tajam agar struktur seratnya tidak rusak ketika nanti digunakan.

  • Alat Penanda

Untuk menandai motif atau bentuk potongan dibutuhkan beberapa alat pendukung. Gunakan spidol, pulpe, atau pensil sebelum melakukan pemotongan pada struktur bahan nanti.

Setelah semua peralatan dipersiapkan maka Anda bisa memulai bekerja. Namun jangan lupa untuk menggunakan peralatan keamanan diri seperti sarung tangan dan kacamata agar tetap aman dalam bekerja.

Karena nantinya akan menggunakan proses pemotongan kami menyarankan untuk menggunakan sarung tangan tahan potong. Jadi jari tangan bisa terhindar dari potensi terpotong menggunakan peralatan tadi.

5 Langkah Memasang KalsiPart, Kalsiboard untuk Dinding

Ada beberapa langkah yang dapat diikuti sehingga pemasangan properti bisa dilakukan secara optimal. Berikut ini adalah bagaimana cara pasang kalsiboard kalsipart secara mudah dan cepat.

  • Menentukan Lokasi

Langkah pertama paling penting untuk diperhatikan adalah menentukan lokasi dimana properti tadi akan dipasang. Jadi nantinya bisa sesuai dengan keinginan pribadi dan menghasilkan pemasangan bagus.

  • Pengevaluasian (Memutuskan Ukuran Rangka)

Langkah kedua Anda perlu melakukan evaluasi terhadap ukuran bahan tujuannya supaya nanti bisa memutuskan bagaimana ukuran atau bentuk rangka penyangganya. 

  • Pemotongan

Langkah selanjutnya yaitu proses pemotongan yang dilakukan terbagi menjadi dua yaitu rangka dan kalsiboard. Pertama potong semua rangka agar dapat dipasang pada lokasi, baru lakukan pemotongan pada kalsiboard.

  • Cara Memasang Kalsiboard untuk dinding

Cara memasang kalsipart cukup mudah, pertama harus memasangkan rangka terlebih dahulu pada bagian dinding. Cara kedua, setelah rangkanya terpasang dengan kokoh menggunakan paku baru proses kalsiboardnya.

Cara memasang kalsiboard untuk dinding cukup menggunakan paku khusus ke bagian rangka kayu. Hati-hati ketika memaku properti ini agar nantinya tidak pecah pada saat proses memasangnya.

  • Finishing

Langkah terakhir yaitu finishing. Finishing dapat berupa penyesuaian ukuran kembali ketika ada potongan yang masih tersisa. Jadi rapikan semua potongan tadi sehingga nantinya bisa bagus ketika dicat dan diberi hiasan.

Dengan menerapkan langkah tadi tentu saja proses pemasangan akan menjadi lebih mudah dan sederhana. Sehingga para pemula bisa memasang plafon kalsiboard sendiri tanpa menggunakan tukang.

Baca juga : Simak Penjelasan Aplikasi Kalsifloor untuk Outdoor

Kalsiboard memiliki keunggulan tahan air sehingga seringkali dipilih sebagai bahan untuk dinding di area yang rawan lembab, seperti kamar mandi atau dapur. Namun, yang mungkin kurang diketahui yaitu bahwa kalsiboard untuk dinding lembab bisa menggunakan KalsiPart. Memasang KalsiPart dapat membantu mengatasi masalah dinding lembab sehingga meminimalisir risiko munculnya jamur dan kerusakan dinding. Selain itu, penggunaan papan ini dapat meningkatkan kekuatan struktur dinding sehingga lebih tahan lama dan aman. jadi pertimbangkanlah untuk memasang kalsiboard untuk dinding yang lembab sebagai solusi yang efektif.

CV Karunia dipercaya oleh PT. Saint-Gobain Abrasives untuk menjadi distributor di seluruh wilayah Indonesia. Kami menyediakan berbagai macam bahan bangunan dengan kualitas dan harga terbaik. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.