PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Pratama Distribusi.

News Detail

Langkah Penggunaan Kalsiboard dari Plamir Sampai Kompon

Langkah Penggunaan Kalsiboard dari Plamir Sampai Kompon

Sebelum digunakan untuk membuat plafon, Anda perlu mengetahui langkah penggunaan kalsiboard yang akan digunakan. Kalsiboard adalah sebuah material yang terbuat dari 3 bahan organik dan sering digunakan untuk menjadi alternatif dari gypsum dan asbes.

Gypsum dan asbes sendiri merupakan material yang juga sering digunakan untuk membuat plafon rumah. Akan tetapi kedua material tersebut tidak ramah lingkungan dan lebih baik menggunakan kalsiboard. Simak uraian selengkapnya mengenai kelebihan dari kalsiboard.

Langkah Penggunaan Kalsiboard Saat Plamir

Plamir merupakan langkah pertama setelah melakukan pemasangan kalsiboard. Plamir merupakan proses meratakan cat agar tampilannya menjadi lebih rapi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Memastikan Keadaan Terlebih Dahulu

Langkah penggunaan kalsiboard saat plamir adalah melakukan pengecekan keadaan terlebih dahulu. Anda bisa melakukan plamir ketika kalsiboard sudah terpasang rapi di atap rumah. Jadi Anda harus memperhatikan apakah semua permukaannya sudah disekrup atau belum.

  • Persiapan Bahan-Bahan

Langkah kedua dilanjutkan dengan mempersiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Adapun alat-alat yang harus disiapkan adalah skrap plastik, cornice, bersih dan ember berisi air baru lanjut ke tahap membuat campuran.

  • Membuat Adonan

Langkah ketiga dari plamir adalah dengan mencampur semua plamir yang sudah dipersiapkan. Pastikan bahwa adonannya tidak terlalu kental baru Anda bisa mulai dengan proses plamir. Lakukan proses plamir dengan penuh hati-hati.

  • Mengecat Plamir

Setelah tahap ketiga selesai yaitu proses plamir, langkah berikutnya adalah dengan mengecat plamir. Ketika mengecat dan mengoleskan plamir bisa dengan menggunakan tangga lipat agar lebih mudah. Hal ini untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan saat mengecat.

Setelah proses pengecetan selesai, Anda bisa mendiamkannya terlebih dahulu. Tunggu sampai kering lalu bisa mulai melakukan dempul. Lakukan hal tersebut sampai semua bagian kalsiboard selesai.

Langkah Melakukan Dempul Pada Kalsiboard

Setelah mengetahui bagaimana cara plamir dengan benar, kami akan menjelaskan bagaimana caranya melakukan dempul pada kalsiboard. Simak caranya berikut ini:

  • Memulai Mempersiapkan Bahan

Tahap pertama adalah dengan mempersiapkan bahan dan adonan dempul terlebih dahulu. Anda harus membersihkan plafon terlebih dahulu dengan menggunakan sapu atap atau vacuum cleaner. Setelah itu Anda bisa mempersiapkan adonan dempulnya terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mencampurkan air dengan dempul agar adonannya menjadi berbentuk pasta. Aduklah campuran tersebut hingga merata.

  • Mulai Melakukan Dempul

Gunakan roskam ketika Anda akan mengaplikasikan adonan dempul. Ambilah dempul dengan menggunakan ujung roskam dan cari roskam yang memiliki permukaan rata. Jangan lupa untuk meratakan adonan ke seluruh plafon.

  • Mengaplikasikan Dempul

Setelah semua adonan siap, langkah berikutnya adalah Anda bisa langsung mengaplikasikan dempul. Agar proses dempul bisa merata, hal yang bisa Anda lakukan adalah meratakan dengan gerakan maju mundur.

  • Mengampelas Dempul

Langkah terakhir adalah dengan mengampelas dempul. Caranya adalah bisa dengan menunggu hingga dempul kering terlebih dahulu. Agar mengetahui apakah sudah kering atau belum bisa dengan merabanya.

Cara Kompon Papan Kalsiboard Rumah

Sedangkan cara untuk mengompon plafon harus Anda ketahui lebih jauh juga. Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana caranya dengan benar:

  1. Pertama Anda harus membersihkan plafon kemudian mencampur air dengan compound. Tentukan area plafon mana yang hendak dikompon kemudian ratakan ke seluruh bagian plafon.
  2. Setelah itu tunggu hingga kering lalu diratakan kembali. Dan langkah terakhir adalah langsung gosok ampelas agar bagian compound yang tidak rata menjadi rata.

Kini Anda sudah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan membangun plafon dengan menggunakan kalsiboard. Kalsiboard adalah salah satu material baru dalam dunia konstruksi.

Jika ingin memasang kalsiboard pastikan Anda mengetahui langkah penggunaan kalsiboard, dempul dan kompon. Setelah mengetahui caranya akan lebih mudah untuk mengaplikasikannya.

CV Karunia dipercaya oleh PT. Saint-Gobain Abrasives untuk menjadi distributor di seluruh wilayah Indonesia. Kami menyediakan berbagai macam bahan bangunan dengan kualitas dan harga terbaik. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.