PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Pratama Distribusi.

News Detail

Inilah Sifat Papan Gypsum yang Perlu Di Ketahui Sebelum Membeli

Inilah Sifat Papan Gypsum yang Perlu Di Ketahui Sebelum Membeli

Papan gypsum memiliki sifat yang ringan, mudah dipasang, dan tahan api, sehingga sering digunakan sebagai material plafon dan dinding partisi. Selain itu, papan ini memiliki permukaan halus yang cocok untuk pengecatan atau finishing akhir. Meski tidak tahan terhadap air, beberapa varian papan gypsum telah dirancang khusus dengan lapisan pelindung agar lebih tahan lembap dan cocok digunakan di area yang rentan terkena air.

Ingin membangun atau merenovasi rumah? Papan gypsum bisa menjadi solusi mudah yang sering dipilih sebagai material dinding masa kini. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, penting untuk mengenali sifat gypsum lebih dulu agar dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan proyek Anda. Untuk itu, kami akan membahasnya pada artikel berikut, termasuk kelebihan dan kekurangan dari papan gypsum yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan Papan Gypsum

Dalam mendirikan sebuah gedung atau rumah, diperlukan bahan konstruksi bangunan yang tentunya memiliki beragam kelebihan seperti gypsum, diantaranya:

1. Ringan dan Mudah Dipasang

Papan gypsum memiliki bobotnya yang ringan, sehingga membuat material ini mudah untuk dipasang dan diatur selama proses konstruksi yang bisa mengurangi beban pada struktur bangunan dan mempersingkat proses pemasangan.

2. Permukaan Halus

Dengan permukaan yang halus dan rata, papan gypsum dapat memberikan hasil akhir yang bersih pada dinding dan langit-langit sehingga, akan memudahkan proses finishing seperti cat, wallpaper, atau pelapis lainnya.

3. Mudah Dirawat dan Diperbaiki

Papan gypsum cenderung lebih mudah dirawat dan diperbaiki apabila terdapat kerusakan seperti retakan atau lubang. Anda cukup menggunakan bahan pengisi dan cat, tanpa perlu penggantian seluruh papan agar material ini terlihat seperti baru lagi.

Kekurangan Papan Gypsum

Meskipun kelebihan papan gypsum bermanfaat, material ini juga memiliki kekurangan, antara lain:

1. Tidak Tahan Terhadap Kelembapan

Tidak disarankan pengaplikasian papan gypsum digunakan pada area yang rawan lembap. Hal itu, karena material ini tidak tahan dengan kelembapan yang akan menyebabkannya mengalami kerusakan.

2. Tidak Tahan Air

Berbeda dengan beberapa material bangunan lainnya, papan gypsum tidak tahan terhadap air. Jika terkena air dalam jumlah besar, papan ini dapat menyerap kelembapan, mengembang, bahkan membusuk.

3. Rapuh

Meskipun ringan, papan gypsum juga rentan rapuh dan mudah pecah atau retak jika terkena benturan atau tekanan yang berlebihan. Oleh karena itu, perlu kehati-hatian selama proses instalasi dan penggunaan sehari-hari untuk menghindari kerusakan.

ilustrasi pengecatan dinding

Mampu Meredam Suara

Papan gypsum memiliki struktur berpori dan juga ketebalan serta kepadatan yang dapat menyerap energi suara. Sehingga, bisa membantu meredam suara dan mengurangi kebisingan antar ruangan.

Bisa Ditimpa dengan Cat Warna Lain

Permukaan papan gypsum dapat dicat dengan berbagai warna yang memberikan fleksibilitas untuk desain bangunan. Sehingga, dengan mudah untuk menyesuaikan tampilan interior sesuai dengan preferensi dari tema ruangan.

Ramah Lingkungan

Sifat yang menjadikan papan gypsum lebih diminati ialah material ini dapat didaur ulang dan sering kali terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk proyek bangunan berkelanjutan, karena dapat mengurangi dampak lingkungan dan meminimalkan limbah.

Kesimpulan

Papan gypsum merupakan bahan bangunan yang memiliki berbagai kelebihan, seperti kemudahan pemasangan, permukaan halus, dan mudah dirawat serta diperbaiki. Namun, terdapat beberapa kekurangan pada papan ini termasuk ketidakmampuannya dalam menghadapi kelembapan dan air, serta sifat rapuhnya. Dengan mengenali sifat-sifat ini sebelum membeli, akan membantu Anda memilih papan gypsum yang sesuai dengan kebutuhan proyek Anda dan memastikan hasil akhir yang memuaskan.

Rekomendasi Distributor Papan Gypsum Terpercaya

Setelah mengetahui berbagai sifat penting papan gypsum, kini saatnya Anda memilih distributor yang tepat. Temukan kebutuhan papan gypsum Anda dengan rekomendasi terpercaya, CV Karunia. Dengan reputasi dan kualitas yang sudah teruji, CV Karunia siap memenuhi semua kebutuhan proyek Anda.

Head Office & Show Unit
Jl. Raya Kenjeran No. 420 Surabaya, East Java, Indonesia
Warehouse
Jl. Nambangan no.4-6, Surabaya, Indonesia
Whatsapp: 081 382 7777 47
Telepon dan Fax: (031) 389 5582, 389 9767, 381 3890
Email: karunia420sby@gmail.com