PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Pratama Distribusi.

News Detail

Memotong Papan Kalsiboard dan Kegunaannya untuk Bangunan

Memotong Papan Kalsiboard dan Kegunaannya untuk Bangunan

Ketika akan membuat plafon rumah Anda harus bisa memotong papan kalsiboard yang sering digunakan untuk plafon. Kalsiboard sendiri merupakan sebuah papan bangunan yang proses pembuatannya dicampur dengan serat selulosa, semen dan pasir silika.

Ketiga campuran tersebut yang membuat kalsiboard nyaman dan cocok digunakan untuk plafon rumah. Selain itu ada juga kelebihan dari kalsiboard sehingga menjadikannya sering digunakan untuk plafon dan banyak juga yang menyukainya. Ini dia uraian lengkapnya tentang kalsiboard.

Mengenal kalsiboard dan kegunaannya untuk bangunan

Kalsiboard Plafon Rangka Kayu

Senangnya apabila bisa merenovasi plafon rumah. Rasanya begitu memuaskan ketika dapat memperbarui bagian atas ruangan di rumah apalagi dengan desain yang menarik. Dengan mengubah plafon, Anda bisa memberikan sentuhan segar dan meningkatkan tampilan interior rumah Anda. Renovasi plafon dapat menciptakan suasana yang lebih nyaman dan mempercantik ruangan. 

Plafon merupakan bagian rumah yang harus Anda perhatikan dalam memilih materialnya. Anda bisa memilih material yang tepat sesuai selera, tetapi lebih baik menggunakan kalsiboard saja. Material ini sudah cukup populer di tengah masyarakat. Simak berbagai desain plafon kalsiboard dalam artikel 10 Plafon Kalsiboard Modern dan Minimalis berikut.

Cara memotong papan kalsiboard yang tepat

Cara Memotong Papan Kalsiboard dengan Benar dan Tepat

Kalsiboard merupakan papan yang cocok untuk membuat plafon dan dinding karena sifatnya ramah lingkungan. Kalsiboard juga termasuk ke dalam material yang juga direkomendasikan oleh Green Building Council Indonesia (GBCI).

Sifat kalsiboard yang tahan air membuatnya sering digunakan oleh masyarakat. Ada dua jenis kalsiboard, yang pertama ketebalannya kurang dari 6 mm dan kedua lebih dari 6 mm. Adapun cara memotong papan kalsiboard keduanya menggunakan cara yang berbeda.

Ketika Anda ingin menggunakan papan kalsiboard, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu tentang bagaimana langkah memotong kalsiboard yang benar sesuai dengan ketebalannya. Berikut langkah-langkah yang harus Anda perhatikan:

1. Ketebalan lebih dari 6 mm

Cara memotong papan kalsiboard dengan ketebalan lebih dari 6 mm.

  • Siapkan alat pemotong kalsiboard khusus untuk kalsiboard tebal terlebih dahulu. Semakin tebal papan kalsiboard maka papan tersebut akan lebih kuat dan kokoh dibandingkan dengan papan yang kurang dari 6 mm. Adapun untuk memotongnya juga harus menggunakan alat khusus.
  • Contoh alat yang biasanya digunakan adalah gergaji, malco tools, power tools, jig saw, dan circular saw.
  • Adapun langkah pertama adalah Anda harus membuat tandanya terlebih dahulu agar tidak salah memotong.
  • Kemudian taruh papan kalsiboard di meja kerja dan tahan papannya dengan tangan kiri.
  • Kemudian Anda bisa langsung memotong kalsiboard tersebut dengan menggunakan tangan kanan.
  • Lakukan pemotongan sesuai dengan garis yang sudah dibuat.

2. Ketebalan kurang dari 6 mm

Adapun cara memotong yang ukurannya kurang dari 6 mm lebih mudah.

  • Anda hanya perlu menyiapkan cutter saja dan cutternya juga harus tajam.
  • Jangan lupa untuk menyiapkan penggaris besi juga.
  • Cara memotongnya adalah letakkan kalsiboard di atas meja lalu buatlah garis pembatas menggunakan penggaris besi.
  • Berikutnya adalah langsung memotongnya mengikuti garis yang telah dibuat.

Bahan kalsiboard plafon rangka kayu untuk atap

Bahan Kalsiboard untuk Atap

Kalsiboard sendiri merupakan sebuah material baru yang ditemukan dalam dunia konstruksi, kalsiboard adalah material ringan dan tahan lama. Terbuat dari 3 bahan organik sehingga membuat kualitasnya bagus dan banyak disukai oleh masyarakat. Lebih detailnya, bahan kalsiboard yaitu:

1. Kalsium silikat

Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan kalsiboard adalah kalsium silikat itu sendiri. Kalsium silikat adalah senyawa anorganik yang terbentuk dari kalsium oksida (kapur) dan silika (pasir).

2. Bahan pendukung

Proses pembuatan kalsiboard melibatkan pencampuran bahan-bahan dasar seperti kapur, silika, air, dan bahan tambahan lainnya seperti serat organik atau serat semen. Campuran ini kemudian dipanaskan dan dikompresi untuk membentuk panel padat dengan struktur kristal yang kuat. Dalam beberapa kasus, kalsiboard juga dapat mengandung bahan tambahan seperti serat kaca atau serat aramid untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan termal panel.

Ada yang perlu diingat bahwa komposisi persis dan bahan tambahan yang digunakan dalam pembuatan kalsiboard dapat bervariasi tergantung pada produsen dan spesifikasi produk tertentu. 

Rekomendasi distributor kalsiboard terbaik

Setelah mempelajari cara memotong papan kalsiboard, kini waktunya Anda mengambil langkah cerdas. Temukan kualitas dan keandalan yang tak tertandingi dengan memilih CV Karunia sebagai distributor kalsiboard pilihan Anda. Hubungi kami sekarang untuk produk unggulan dan layanan terbaik!

Head Office & Show Unit

Jl. Raya Kenjeran No. 420 Surabaya, East Java, Indonesia

Warehouse

Jl. Nambangan no.4-6, Surabaya, Indonesia>

Whatsapp: 081 382 7777 47

Telepon dan Fax: (031) 389 5582389 9767381 3890

Email: karunia420sby@gmail.com