PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Pratama Distribusi.

News Detail

Cara Memasang Kalsiboard Dinding Luar Ruangan Mudah

Cara Memasang Kalsiboard Dinding Luar Ruangan Mudah

Bagi para pemula dalam bidang konstruksi memasang kalsiboard dinding luar memang sedikit lebih sulit. Dibandingkan pada pemasangan dalam ruangan, ini akan sedikit lebih kompleks.

Kalsiboard merupakan sebuah papan yang terbuat dari komposisi multi properti. Silica, fiber, semen, dan bahan lainnya digunakan agar papan ini bisa memiliki komposisi kuat namun tetap memiliki fleksibilitas.

Secara spesifik untuk dinding luar ruangan tidak bisa menggunakan kalsi biasa. Oleh karena itu ada kalsi clad dimana memiliki komposisi bahan lebih kompleks dan tahan terhadap gangguan cuaca.

Kalsiclad memiliki kandungan metal pada bahan penyusunnya sehingga lebih kuat ketika digunakan pada bagian luar ruangan. Kelebihan lain dari bahan ini adalah tahan terhadap serangan serangga.

Board biasa mungkin masih cukup riskan terdampak serangan serangga dan cuaca. Namun ketika menggunakan clad hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan lagi karena ada kandungan metal di dalamnya.

Untuk masalah pemasangan sebenarnya tidak jauh berbeda dan masih cukup mudah dilakukan. Oleh karena itu kami sudah merangkum apa saja peralatan dibutuhkan dan bagaimana proses pemasangannya.

Persiapan Memasang Kalsiboard Dinding Luar

Ada tiga hal paling penting untuk diperhatikan saat melakukan persiapan pemasangan. Berikut ini adalah tiga hal yang perlu dijadikan persiapan agar nantinya proses pemasangan bisa sempurna.

  • Jenis rangka dan jarak sekrup yang digunakan

Memperhatikan jenis rangka adalah hal paling penting ketika nantinya digunakan proses pemasangan. Apabila digunakan pada dinding bagian luar maka rangka baja ringan adalah rekomendasi terbaik.

Kemudian pemilihan sekrup juga perlu diperhatikan agar bisa memberikan daya tahan maksimal. Selalu gunakan sekrup baja agar nantinya tidak berkarat ketika terkena asam.

Jarak rekomendasi untuk melakukan pemasangan tergantung seberapa besar dimensi bahan. Setiap satu meter papan setidaknya ada sepuluh lima sekrup. Jadi setiap 20 cm gunakan sekrup agar kuat terpasang.

  • Lakukan Pengukuran Lebar Dinging

Sebelum melakukan pemasangan perlu diadakan pengukuran dinding secara keseluruhan. Jadi nantinya akan diketahui bagian mana saja yang perlu dilapisi oleh bagian papan.

  • Pemotongan

Ketika semua bagian dinding sudah diketahui lebarnya yang perlu dilapisi maka pemotongan bisa dilakukan. Lakukan pemotongan secara hati-hati menggunakan electric saw machine.

Bisa saja menggunakan gergaji besi manual namun akan lebih bagus ketika menggunakan mesin. Pastikan untuk berhati-hati pada saat pemotongan jangan sampai jari Anda terpotong.

Dengan mengetahui persiapan tadi tentu saja Anda sudah siap untuk melanjutkan pada tahap pemasangan. Sudah kami rangkum bagaimana caranya pada pembahasan berikutnya sehingga mudah dipahami.

Langkah Memasang Kalsiboard Dinding Luar

Kami akan merangkum lima tahap pemasangan paling mudah sehingga dapat diimplementasikan oleh pemula. Berikut ini adalah tahap tersebut yang dapat Anda ikuti pada saat memasang.

  • Lakukan pemasangan kalsi

Pasang kalsi pada rangka menggunakan perekat besi terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar ketika terjadi kesalahan bisa diperbaiki dan tidak perlu memotong pada bagian papan.

  • Penyekrupan sesuai jarak yang direkomendasikan

Kemudian lakukan penyekrupan pada papan sesuai jarak rekomendasi tadi yaitu setiap satu meter menggunakan lima sekrup. Perhatikan jarak dengan seksama jangan sampai salah dalam pengukuran.

Ketika pengukuran ini tidak sesuai maka nantinya kekuatan rekatan pada papan dapat terganggu. Oleh karena itu sangat penting menggunakan penggaris untuk mengetahui berapa jaraknya.

  • Lanjutkan pemasangan kalsi

Sekrup menggunakan obeng semua kalsi yang perlu dipasang pada dinding bagian luar. Apabila sudah menggunakan cara sebelumnya tentu pemasangan ini bisa menjadi lebih rapi.

  • Gunakan seal untuk penutup sambungan

Seal bisa menggunakan berbagai macam jenis yang ada di toko bangunan. Anda boleh menggunakan seal seperti selotip atau memakai seal dalam bentuk cairan oles seperti cat.

  • Bersihkan semua partikel ringan dengan sikat / kuas

Setelah semuanya terpasang maka saatnya melakukan pembersihan partikel kecil pada daerah kerja. Bisa menggunakan sikat atau kuas tergantung selera Anda mana yang paling optimal.

Dengan mengimplementasikan langkah kerja tadi tentu saja proses pemasangan bisa lancar, cepat, dan rapi. Jadi para pemula bisa memasang kalsiboard dinding luar tanpa perlu khawatir hasilnya jelek.

CV Karunia merupakan distributor bahan-bahan bangunan yang menyediakan berbagai macam jenis bahan bangunan. Kini, CV Karunia dipercaya untuk menjadi distributor PT. Saint-Gobain Abrasives untuk wilayah seluruh Indonesia. Segera cek katalog dan hubungi kami untuk mendapatkan penawaran terbaik