PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Pratama Distribusi.

News Detail

Memasang Kalsiboard Penyekat Dinding untuk Pemula

Memasang Kalsiboard Penyekat Dinding untuk Pemula

Bagi para pemula memasang kalsiboard penyekat dinding (KalsiPart) merupakan hal yang cukup sulit. Ketika salah tentu bahan ini akan rusak sehingga tidak dapat digunakan untuk tujuan semula yaitu menyekat dinding.

Bagi para pemula yang belum mengetahui kalsiboard adalah sebuah papan dari bahan semen, filler, silika, dan beberapa serat lain. Ini sering digunakan sebagai bahan plafon dan penyekat dinding ruangan.

Bahan tersebut memiliki harga murah sehingga banyak orang menggunakannya dalam perbaikan properti. Berat jenis yang ringan juga membuatnya tidak memerlukan penopang kuat dalam proses pemasangan.

Salah satu kelebihan lain dari menggunakan kalsiboard adalah daya tahannya terhadap cuaca cukup bagus. Terutama jika digunakan pada bagian dalam ruangan akan berfungsi optimal sebagai insulasi.

Untuk cuaca tropis seperti indonesia menggunakan sekat dari bahan ini tentu bisa membuat ruangan lebih sejuk. Sehingga barang ini menjadi salah satu pilihan para pembangun properti untuk ditinggali.

Jika Anda ingin tahu bagaimana cara memasangnya secara mudah tidak perlu khawatir. Berikut ini kami sudah merangkum apa saja yang perlu dipersiapkan dan langkah pemasangannya.

Alat untuk Memasang Kalsiboard Penyekat Dinding

Ada beberapa peralatan pendukung yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pemasangan. Sehingga nantinya proses menjadi lebih mudah dan tidak memakan waktu terlalu lama.

  • Kalsiboard

Ini nanti adalah properti yang akan digunakan jadi jangan sampai lupakan ketika hendak memasangnya. Jangan menaruhnya di tempat lembab karena bisa merusak strukturnya.

  • Alat Ukur

Alat ukur yang diperlukan seperti mistar, meteran lipat, meteran siku, dan jangka jika dibutuhkan. Jadi persiapkan agar nanti proses pemotongannya bisa sesuai ukuran dan bagus hasilnya.

  • Paku Khusus

Kalsiboard tidak bisa dipaku menggunakan paku biasa karena bisa merusak strukturnya. Gunakan paku yang berbentuk kotak kemudian memiliki ukuran kecil sehingga tidak merusak struktur.

  • Alat Pemotong

Alat pemotong bisa berupa gergaji, cutter, atau pisau lipat ketika dibutuhkan. Pastikan menggunakan pemotong yang tajam agar struktur seratnya tidak rusak ketika nanti digunakan.

  • Alat Penanda

Untuk menandai motif atau bentuk potongan dibutuhkan beberapa alat pendukung. Gunakan spidol, pulpe, atau pensil sebelum melakukan pemotongan pada struktur bahan nanti.

Setelah semua peralatan dipersiapkan maka Anda bisa memulai bekerja. Namun jangan lupa untuk menggunakan peralatan keamanan diri seperti sarung tangan dan kacamata agar tetap aman dalam bekerja.

Karena nantinya akan menggunakan proses pemotongan kami menyarankan untuk menggunakan sarung tangan tahan potong. Jadi tangan bisa terhindar dari potensi terpotong menggunakan peralatan tadi.

Langkah Memasang Kalsiboard Penyekat Dinding

Ada beberapa langkah yang dapat diikuti sehingga pemasangan properti bisa dilakukan secara optimal. Berikut ini adalah bagaimana cara melakukan pemasangan secara mudah dan cepat.

  • Menentukan Lokasi

Hal pertama paling penting untuk diperhatikan adalah menentukan lokasi dimana properti tadi akan dipasang. Jadi nantinya bisa sesuai dengan keinginan pribadi dan menghasilkan pemasangan bagus.

  • Pengevaluasian (Memutuskan Ukuran Rangka)

Setelah lokasi ditemukan maka Anda perlu melakukan evaluasi terhadap ukuran bahan. Sehingga nantinya bisa memutuskan bagaimana ukuran atau bentuk rangka untuk penyangganya.

  • Pemotongan

Proses pemotongan yang dilakukan terbagi menjadi dua yaitu rangka dan kalsiboard. Pertama potong semua rangka agar dapat dipasang pada lokasi, baru lakukan pemotongan pada kalsiboard.

  • Cara Pemasangan

Memasangnya cukup mudah, pertama harus memasangkan rangka terlebih dahulu pada bagian dinding. Setelah rangkanya terpasang dengan kokoh menggunakan paku baru proses kalsiboardnya.

Untuk memasang kalsiboard cukup menggunakan paku khusus ke bagian rangka kayu. Hati-hati ketika memaku properti ini agar nantinya tidak pecah pada saat proses memasangnya.

  • Cara Finishing

Finishing dapat berupa penyesuaian ukuran kembali ketika ada potongan yang masih tersisa. Jadi rapikan semua potongan tadi sehingga nantinya bisa bagus ketika dicat dan diberi hiasan.

Dengan mengetahui langkah pemasangan tadi tentu saja akan lebih mudah ketika mengimplementasikan sendiri. Tidak perlu kesulitan memasang kalsiboard penyekat dinding karena prosesnya cukup mudah.

CV Karunia telah dipercaya untuk menjadi distributor PT. Eternit Gresik di wilayah Jawa Timur dan Madura. Segera cek katalog dan hubungi kami untuk mendapatkan produk bahan bangunan terbaik.