PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Distribusi Pratama.

News Detail

Penggunaan Gypsum dan Kalsiboard untuk Rumah

Penggunaan Gypsum dan Kalsiboard untuk Rumah

Banyak orang yang masih bingung terkait penggunaan gypsum dan kalsiboard dan memilih salah satu di antara keduanya. Anda mungkin termasuk orang yang juga bingung akan memilih yang mana untuk plafon rumah.

Agar lebih mudah memilih, Anda bisa mencari tahu mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing material. Tetapi sebelum membahas tentang kelebihan dan kekurangan tiap material, Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai pengertian dari gypsum dan kalsiboard sebagai berikut.

Mengenal Pengertian Gypsum beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Material pertama yang akan dibahas adalah gypsum. Gypsum merupakan material yang cocok diterapkan untuk membuat plafon rumah. Sebenarnya ada bahan lain yang digunakan untuk membuat plafon seperti PVC, asbes dan sebagainya. Ini dia kelebihan dan kekurangan gypsum.

  • Bobotnya Ringan dan Fleksibel

Alasan mengapa kebanyakan orang memilih gypsum untuk membuat plafon rumah adalah karena ukurannya ringan serta fleksibel. Proses pemasangannya juga tidak terlalu sulit serta nyaman ketika digunakan.

  • Tidak Tahan Air

Kekurangan pertama adalah pemasangan gypsum akan membuat plafon tidak tahan dengan air. Hal ini yang menyebabkan plafon mudah terkena noda-noda air dan kebocoran.

Mengenal Tentang Kalsiboard dan Kelebihan Kekurangan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana penggunaan gypsum dan kalsiboard untuk plafon, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan. Adapun kalsiboard sendiri merupakan material yang terbuat dari 3 bahan organik.

Bahan organik tersebut dicampur dan dibentuk menjadi sebuah papan kalsiboard yang fungsinya untuk membuat plafon rumah. Adapun untuk kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut:

  • Aman Untuk Penghuni

Kelebihan pertama mengenai penggunaan kalsiboard adalah aman untuk penghuni rumah. Kalsiboard tidak mengandung asbes yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti penyakit paru-paru dan kanker.

  • Proses Memasangnya Lebih Mudah

Kelebihan kedua adalah proses pemasangannya jadi lebih mudah. Hal ini juga sama dengan gypsum jadi penggunaan gypsum dan kalsiboard sangat sering digunakan untuk membuat plafon rumah.

  • Bebas Asbes dan Baik Untuk Kesehatan

Tips dan Trik Penggunaan Gypsum dan Kalsiboard yang Benar

Bagi Anda yang menggunakan gypsum atau kalsiboard untuk plafon sebaiknya mengetahui bagaimana cara merawatnya agar tahan lama. Berikut tips dan trik melakukan perawatan plafon yang menggunakan gypsum adalah sebagai berikut:

  • Menghindari dari Terkenanya Benturan

Tips pertama adalah Anda harus menghindari plafon gypsum dari benturan. Gypsum dinilai tidak terlalu kuat untuk melindungi dari terkena benturan.

  • Lakukan Pembersihan Secara Rutin

Langkah kedua adalah dengan melakukan pembersihan secara berkala. Anda harus memperhatikan apakah plafon disinggahi oleh jaring laba-laba atau tidak, jika ada maka segera bersihkan dengan sapu atap.

  • Memastikan Bahwa Kerangkanya Kuat

Ketika Anda akan memasang kalsiboard, pastikan terlebih dulu apakah kerangka yang digunakan kuat. Kalsiboard tidak bisa dipasang jika kerangkanya kurang kuat. Pasti akan sangat menyenangkan apabila Anda bisa membuat plafon dengan kedua material di atas.

Material-material tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Penggunaan gypsum dan kalsiboard juga tidak bisa sembarangan. Anda juga harus melakukan perawatannya secara rutin.

CV Karunia merupakan distributor papan gypsum terlengkap di Surabaya. Sebagai supplier papan gypsum, kami jual papan gypsum dengan merek yang sudah terkenal seperti Papan Gypsum Knauf, Papan Gypsum Aplus, dan Papan Gypsum Elephant. Selain itu kami juga menyediakan bahan bangunan lainnya seperti kalsiboard dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Segera hubungi kami untuk mendapatkan papan gypsum termurah dan terbaik.