PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Pratama Distribusi.

News Detail

Penggunaan Gypsum dan Kalsiboard untuk Rumah

Penggunaan Gypsum dan Kalsiboard untuk Rumah

Banyak orang yang masih bingung terkait penggunaan gypsum dan kalsiboard dan memilih salah satu di antara keduanya. Anda mungkin termasuk orang yang juga bingung akan memilih yang mana untuk plafon rumah.

Agar lebih mudah memilih, Anda bisa mencari tahu mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing material. Tetapi sebelum membahas tentang kelebihan dan kekurangan tiap material, Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai pengertian dari gypsum dan kalsiboard sebagai berikut.

Mengenal Pengertian Plafon Gypsum beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Material pertama yang akan dibahas adalah gypsum. Gypsum merupakan material yang cocok diterapkan untuk membuat plafon rumah. Sebenarnya ada bahan lain yang digunakan untuk membuat plafon seperti PVC, asbes dan sebagainya. Ini dia kelebihan dan kekurangan gypsum.

  • Bobotnya Ringan dan Fleksibel

Alasan mengapa kebanyakan orang memilih gypsum untuk membuat plafon rumah adalah karena ukurannya ringan serta fleksibel. Proses pemasangannya juga tidak terlalu sulit serta nyaman ketika digunakan.

  • Tidak Tahan Air

Kekurangan pertama adalah pemasangan gypsum akan membuat plafon tidak tahan dengan air. Hal ini yang menyebabkan plafon mudah terkena noda-noda air dan kebocoran.

Mengenal Tentang Plafon Kalsiboard dan Kelebihan Kekurangan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana penggunaan gypsum dan kalsiboard untuk plafon, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan. Adapun kalsiboard sendiri merupakan material yang terbuat dari 3 bahan organik.

Bahan organik tersebut dicampur dan dibentuk menjadi sebuah papan kalsiboard yang fungsinya untuk membuat plafon rumah.

Kalsiboard banyak digunakan sebagai bahan alternatif dari gypsum dan asbes, keduanya memiliki beberapa kekurangan. Asbes berdampak buruk bagi kesehatan penghuni, sedangkan gypsum akan akan pecah ketika terendam air. Oleh sebab itu, kalsiboard atap sering digunakan menjadi plafon rumah karena sifatnya yang tahan air sehingga ketika atap rumah ada sedikit kebocoran, air akan ditahan kalsiboard sehingga tidak langsung menetes ke lantai.

Adapun untuk kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut:

  • Aman Untuk Penghuni

Kelebihan pertama mengenai penggunaan kalsiboard adalah aman untuk penghuni rumah. Kalsiboard tidak mengandung asbes yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti penyakit paru-paru dan kanker.

  • Proses Memasangnya Lebih Mudah

Kelebihan kedua adalah proses pemasangannya jadi lebih mudah. Hal ini juga sama dengan gypsum jadi penggunaan gypsum dan kalsiboard sangat sering digunakan untuk membuat plafon rumah.

  • Bebas Asbes dan Baik Untuk Kesehatan

Tips dan Trik Penggunaan Gypsum dan Kalsiboard yang Benar

Bagi Anda yang menggunakan gypsum atau kalsiboard untuk plafon sebaiknya mengetahui bagaimana cara merawatnya agar tahan lama. Berikut tips dan trik melakukan perawatan plafon yang menggunakan gypsum adalah sebagai berikut:

  • Menghindari dari Terkenanya Benturan

Tips pertama adalah Anda harus menghindari plafon gypsum dari benturan. Gypsum dinilai tidak terlalu kuat untuk melindungi dari terkena benturan.

  • Lakukan Pembersihan Secara Rutin

Langkah kedua adalah dengan melakukan pembersihan secara berkala. Anda harus memperhatikan apakah plafon disinggahi oleh jaring laba-laba atau tidak, jika ada maka segera bersihkan dengan sapu atap.

  • Memastikan Bahwa Kerangkanya Kuat

Ketika Anda akan memasang kalsiboard, pastikan terlebih dulu apakah kerangka yang digunakan kuat. Kalsiboard tidak bisa dipasang jika kerangkanya kurang kuat. Pasti akan sangat menyenangkan apabila Anda bisa membuat plafon dengan kedua material di atas.

Tips Memilih Plafon Untuk Mempercantik Rumah

Beberapa tips yang mungkin Anda perlukan dalam memilih plafon untuk mempercantik rumah diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Perhatikan Material Plafon

Material plafon adalah hal prioritas yang perlu Anda perhatikan dalam memilih jenis plafon karena dapat menentukan daya tahan menahan beban dan suhu udara yang bisa masuk ke dalam rumah.

2. Warna Plafon

Warna juga menjadi elemen penting dalam memilih plafon dalam rumah Anda karena hal ini bersinggungan langsung dengan nilai estetika dan konsep hunian yang Anda anut.

3. Jarak Ketinggian Rumah

Menjadi penting untuk memperhatikan jarak ketinggian rumah saat ini menggunakan salah satu jenis plafon tertentu karena ada jenis plafon yang juga dipergunakan untuk menambah saringan udara. Semakin tinggi plafon, maka akan semakin tinggi juga sirkulasi udara sehingga perlu perhatian khusus dalam memilih plafon.

Ukuran Kalsiboard

Kalsiboard memiliki beberapa ukuran sesuai dengan kebutuhan anda. Ukurannya dibagi menjadi beberapa ketebalan seperti yang dilansir dari Kalsi berikut ini:

  • Yang pertama adalah KalsiRata 3. KalsiRata 3 dengan ketebalan 3 mm cocok digunakan sebagai plafon dalam ruangan dengan rangka kayu dan dipaku. Sambungan antar papan sebaiknya dibiarkan terbuka. Tidak disaran untuk menyambungnya dengan kompon dan tidak disekrup pada rangka besi karena terlalu tipis sehingga rawan retak.
  • Yang kedua adalah KalsiBoard Ling 3.5. KalsiBoard Ling 3.5 dengan ketebalan 3.5mm cocok digunakan sebagai plafon yang diaplikasikan dengan sekrup pada rangka besi. Biasanya kalsiboard 3.5mm digunakan untuk pembangunan gedung baru karena kuat dan mampu menghasilkan permukaan yang rata.
  • Berikutnya adalah KalsiBoard Ling 4. KalsiBoard Ling 4 dengan ketebalan 4 mm cocok digunakan untuk aplikasi plafon dalam ruangan. Agar sambungan sempurna, gunakan kompon dan tape. KalsiBoard Ling 4 sebaiknya di pasang di rangka besi dan disekrup
  • Berikutnya ada KalsiBoard Ling 4.5. KalsiBoard Ling 4.5 dengan ketebalan 4.5 mm cocok digunakan sebagai plafon. Agar sambungannya sempurna, gunakan kompon dan tape. KalsiBoard Ling 4.5 cocok dipasang di rangka besi dan disekrup.
  • KalsiBoard Ling 6 dengan ketebalan 6mm. Ketebalan ini memiliki kualitas terbaik diantara yang lain. KalsiBoard Ling 6 akan menghasilkan plafon rata dan sempurna dengan sambungan yang tertutup sehingga sangat cocok untuk plafon eksterior maupun interior. KalsiBoard Ling 6 sebaiknya dipasang pada rangka besi dan disekrup agar tahan lama.
  • KalsiClad 10 adalah papan fiber semen dengan ketebalan 10 mm, sangat cocok digunakan sebagai dinding luar. KalsiClad 10 sebaiknya dipasang pada rangka baja yang sesuai (desain, dimensi, ketebalan dan jarak yang direkomendasikan). Parameter seperti beban angin, beban mati, tinggi gedung dan tingkat resiko gempa perlu dihitung dengan seksama. Saat memasang KalsiClad 10, sambungan dapat dibiarkan terbuka atau tertutup dengan menggunakan sealant khusus untuk menahan perubahan cuaca dan pergerakan kelembaban. Gunakan polyurethane sealant dengan perlindungan terhadap sinar matahari dan sealant yang dapat dicat.
  • KalsiQua 8 adalah papan fiber semen bebas asbes dengan ketebalan 8mm yang terbuat dari campuran semen, mineral, bahan penguat dan aditif khusus yang didesain khusus untuk aplikasi area basah. KalsiQua 8 menawarkan area aplikasi yang lebih luas, mulai dari aplikasi papan pendukung pada aplikasi curtain wall hingga aplikasi area basah dalam ruangan maupun area basah lainnya.
  • Yang terakhir adalah KalsiFloor 20. KalsiFloor 20 adalah papan fiber semen penutup lantai dengan ketebalan 20 mm yang digunakan untuk aplikasi ruang dalam rumah, apartment dan bangunan umum lainnya dengan beban tinggi. KalsiFloor 20 diaplikasikan dengan memasang sekrup pada rangka baja. KalsiFloor 20 juga dapat digunakan untuk mezzanine, ruangan tambahan dan lainnya yang membutuhkan persiapan konstruksi lebih cepat.

Material-material tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Penggunaan gypsum dan kalsiboard juga tidak bisa sembarangan. Anda juga harus melakukan perawatannya secara rutin.

CV Karunia merupakan distributor papan gypsum terlengkap di Surabaya. Sebagai supplier papan gypsum, kami jual papan gypsum dengan merek yang sudah terkenal seperti Papan Gypsum Knauf, Papan Gypsum Aplus, dan Papan Gypsum Elephant. Selain itu kami juga menyediakan bahan bangunan lainnya seperti kalsiboard dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Segera hubungi kami untuk mendapatkan papan gypsum termurah dan terbaik.