PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Pratama Distribusi.

News Detail

Rangka Atap Baja dan Cara Memasang dengan Mudah

Rangka Atap Baja dan Cara Memasang dengan Mudah

Rangka atap baja ternyata memiliki banyak kegunaan karena bendanya yang ringan dan banyak kelebihan. Jika Anda kebingungan mencari bahan pembuatan atap rumah bisa menggunakan rangka baja ringan ini karena proses memasangnya juga mudah.

Zaman sekarang tidak hanya membuat atap menggunakan bahan kayu saja tetapi juga bisa menggunakan baja. Akan tetapi penggunaan baja ringan ini memang masih terbilang baru dibandingkan dengan kayu. Adapun uraian selengkapnya mengenai baja ringan ada di bawah ini.

Kegunaan Baja Ringan Selain untuk Atap

Ternyata baja ringan tidak hanya bisa digunakan untuk membuat atap rumah saja, ada beberapa manfaat lainnya yang jarang diketahui. Beberapa manfaat baja ringan adalah sebagai berikut:

  • Pagar Rumah

Jika Anda memilih memasang rangka atap baja di rumah maka sekalian saja menggunakan baja ringan untuk pagar. Alasan mengapa banyak orang yang menggunakan baja ringan untuk agar adalah karena bentuknya kuat dan kokoh serta tidak mudah berkarat.

  • Plafon Rumah

Baja ringan juga berguna untuk pembuatan plafon rumah Anda. Selain kuat dan kokoh, sifat dari baja ringan juga mudah untuk dibentuk dan pemasangannya juga tidak sulit, oleh karena itu dapat digunakan untuk plafon rumah.

  • Kanopi Rumah

Terakhir adalah dalam pembuatan kanopi rumah yang mudah dibentuk. Anda bisa memilih desain kanopi rumah yang hendak dipasang menggunakan baja ringan.

Rangka Atap Baja dan Kelebihannya

Baja ringan yang sudah sering digunakan untuk pembuatan atap ini tentu sudah dilengkapi dengan berbagai kelebihan. Kelebihan apabila mengggunakan bahan dari baja ringan adalah sebagai berikut:

  • Mudah Menahan Api Saat Kebakaran

Kelebihan yang pertama adalah ketika ada api maka tidak akan berpotensi untuk memperbesar nyala api. Hal ini tentu dapat melindungi orang-orang di dalam bangunan tersebut. Akan tetapi berbeda jika menggunakan atap kayu karena bisa memperbesar nyala api.

  • Aman dari Rayap

Anda pasti sudah sering melihat rayap yang hinggap menggerogoti atap kayu. Hal tersebut tidak akan terjadi apabila menggunakan rangka atap baja. Hal ini akan membantu menghemat pengeluaran Anda karena tidak perlu melakukan renovasi terlalu sering.

  • Pemasangan Lebih Cepat

Kelebihan terakhir dari atap baja yang ringan adalah proses pemasangannya lebih cepat dibandingkan dengan atap berbahan kayu. Apabila atap baja tersebut ringan maka hanya membutuhkan satu orang saja untuk memasangnya.

Persiapan Pemasangan Baja Ringan Atap Rumah

Ketika akan melakukan pemasangan baja ringan untuk atap ada beberapa hal yang harus Anda siapkan terlebih dahulu. Pertama adalah dengan memasang kuda-kuda dan dynabolt terlebih dahulu. Kedua adalah pastikan bahwa posisi kuda-kuda sudah lurus dengan ringbalk.

Ketiga adalah pemasangan apex untuk nok pada kuda-kuda sudah harus rata. Keempat adalah pastikan bahwa sisi atap miring dengan rata atau bergelombang. Kelima menyiapkan lapisan pelindung dan pastikan tidak terjadi deformasi.

Langkah Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pemasangan kuda-kuda ke ringbalk terlebih dahulu. Pemasangan kuda-kuda tersebut dapat dibantu dengan menggunakan wall plate. Adapun setelah itu langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Tahap Persiapan

Tahap pertama adalah tahap persiapan dan pada tahap ini Anda harus menyiapkan gambar untuk perencanaan dalam memasang kuda-kuda. Pastikan juga Anda sudah menyiapkan peralatan untuk keselamatan kerja saat pemasangan.

  • Marking dan Leveling

Tahap kedua adalah leveling dan marking yang di mana Anda harus memastikan bahwa seluruh permukaan atap rata. Dalam tahap ini Anda harus mengukur jarak antara kuda-kuda yang hendak dipasang.

  • Pemasangan dan Pengangkatan

Setelah kuda-kuda terpasang, berikutnya adalah tahapan untuk mengangkat dan memasangkan atap baja ke bagian atas.

  • Memasang Penutup Atap

Terakhir adalah memasang penutup atap guna melindungi atap. Anda juga harus melakukan pemeriksaan ulang apakah pemasangannya sudah tepat atau belum. Setelah Anda mengetahui apa saja kelebihan dari baja ringan, pastikan untuk langsung memasang baja ringan untuk atap rumah.

Ini akan membuat atap rumah Anda menjadi lebih awet. Selain itu proses pemasangan rangka atap baja juga bisa dilakukan hanya satu orang saja. Akan tetapi pastikan bahwa sudah melakukan setiap langkah di atas.

CV Karunia telah dipercaya untuk menjadi distributor PT. Eternit Gresik di wilayah Jawa Timur dan Madura. Segera cek katalog dan hubungi kami untuk mendapatkan produk bahan bangunan terbaik