PENGUMUMAN: CV Karunia tidak terafiliasi dengan perusahaan PT Karunia Distribusi Pratama.

News Detail

Lebih Bagus Kalsiboard atau GRC? Ini Perbandingannya

Lebih Bagus Kalsiboard atau GRC? Ini Perbandingannya

Kalsiboard atau GRC menjadi bahan yang sering digunakan untuk plafon rumah. Setiap tempat tinggal pasti membutuhkan atap berkualitas supaya terjamin lebih aman dan nyaman ketika ditinggali seumur hidup.

Jenis plafon yang bisa dipilih cukup banyak tergantung dengan kebutuhan pemakai, sehingga Anda boleh menggunakan GRC dan kalsiboard. Ketika diaplikasikan di plafon, baik kalsiboard maupun GRC punya kelebihan sendiri.

Kedua plafon tersebut menawarkan harga yang kompetitif membuat kebanyakan orang bingung untuk memilihnya. Plafon berbahan GRC ataupun kalsiboard dapat Anda jumpai dengan mudah di toko peralatan rumah dan toko bangunan.

Persaingan produk plafon kalsiboard atau GRC cukup banyak diminati oleh kalangan luas. Hal tersebut tidak lepas dari pengaruh kelebihan yang ditawarkan setiap jenis plafon yang cukup bagus digunakan jangka panjang.

Apabila Anda ingin memasang plafon tetapi masih bingung saat memilih antara GRC atau kalsiboard, sekarang jangan khawatir. Karena kami akan menjelaskan kelebihan dan kelemahan plafon tersebut melalui penjelasan ini.

Agar tahu perbandingan secara lengkap antara kalsiboard dan GRC, mulailah mengetahui kualitasnya sekarang. Ikutilah pembahasan kali ini sampai selesai supaya bisa menentukan pilihan yang bagus antara GRC atau kalsiboard.

Perbedaan Kalsiboard dan GRC

Sebelum membeli atau memasang plafon dengan jenis tertentu, Anda harus tahu perbandingan antara kalsiboard dengan GRC. Dimulai dari yang pertama, kami akan menjelaskan kalsiboard terlebih dahulu secara lengkap.

Kalsiboard kerap dikenal sebagai bahan bangunan yang memiliki material berupa pasir silika, serat selulosa, dan campuran semen. Ketiga bahan tersebut dicampur untuk dikeringkan di temperatur tinggi, sehingga awet ketika dipasang.

Dalam pemilihan kalsiboard atau GRC, fungsi utama kalsiboard adalah untuk dipasang ke atap dinding suatu ruangan. Kelebihan dari kalsiboard yaitu bisa menciptakan berbagai bentuk seperti lengkungan, kuat, dan aman. Kalsiboard memiliki kekuatan serta elastisitas yang baik. Tidak cuma sebagai plafon yang datar, kalsiboard juga bisa digunakan untuk membuat plafon yang melengkung. Artinya, kalsiboard bisa dipakai untuk menciptakan plafon dengan berbagai bentuk tanpa mengurangi kekuatannya.

Dengan memakai kalsiboard, bahan plafon satu ini dipastikan anti karat, tidak bisa berkarat, dan tidak lapuk. Jika ada noda di sekitar kalsiboard, Anda bisa membersihkan dengan diamplas dan dicat kembali.

Adapun jenis dari kalsiboard yang paling sering digunakan di bangunan mulai dari kalsipart, kalsiclad, kalsiqua, dan kalsifloor. Dimulai kalsiboard pertama disebut dengan kalsipart umumnya dipakai untuk menyekat dinding ruangan.

Kalsiboard atau GRC yang kedua yaitu kalsiclad cocok dipakai di outdoor, sedangkan kalsiqua biasa dipasang di dinding rawan basah. Kemudian kalsifloor cocok digunakan untuk lantai yang dijamin kuat menahan beban.

Pilih Kalsiboard atau Plafon GRC?

Selanjutnya terdapat plafon dengan istilah Glass Reinforced Concrete (GRC). Plafon ini dibuat dari campuran semen dan serat, sehingga lebih ringan apabila dipasang di atap rumah Anda masing-masing.

GRC cenderung tahan terhadap air, cocok dipakai di bangunan yang memiliki tingkat kelembapan tinggi. Ruangan dengan risiko basah bisa dipasangi GRC sebagai langit-langit, misalnya seperti area dapur.

Terdapat dua jenis GRC yaitu tepi rata atau Square Edge (SE) dengan sistem sambungan open nut biasa diterapkan sebagai plafon. Tepi landai atau Recessed Edge (RE) menggunakan sambungan tertutup.

Sehingga kesimpulannya kalsiboard lebih baik digunakan untuk plafon rumah karena aman untuk kesehatan. Perlu diketahui bahwa kalsiboard memiliki 0% asbes, sehingga Anda akan terhindar dari kanker paru-paru yang dapat disebabkan oleh asbes. Kalsiboard sudah terbukti memiliki usia pemakaian yang cukup lama, plafon ini mampu bertahan hingga puluhan tahun tanpa mengalami kerusakan yang berarti. Selain itu, pemasangan kalsiboard lebih mudah dibandingkan dengan GRC. Karena kalsiboard mempunyai bagian pinggiran yang lebih tipis, sehingga mempermudah dalam penyambungannya. Bahkan tanpa pemakaian komponen pun, kalsiboard sudah tersambung dengan kokoh. Berbeda halnya dengan plafon GRC yang dibuat dari campuran serat dan semen dengan ukuran yang tebal. Karena hal itulah waktu pembuatan atau pemasangan plafon GRC lebih lama daripada plafon pada umumnya.

Tips untuk merawat plafon agar awet, yaitu

  1. Dengan mengenali jenis atap rumah
  2. Mulai bersihkan kotoran ringan pakai alat pembersih
  3. Gunakan alat pembersih tambahan supaya efektif
  4. Lalu cat ulang plafon.

Kalsiboard dan juga GRC sama-sama cocok untuk digunakan sebagai plafon yang telah terbukti tahan lama. Jangan lupa tetap rutin membersihkan plafon kalsiboard atau GRC di rumah Anda agar selalu nyaman.

Jika Anda sedang mencari berbagai jenis kalsiboard, Anda bisa mengunjungi CV. Karunia. CV. Karunia adalah distributor resmi kalsiboard untuk wilayah Jawa Timur dan Madura. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan pesan sekarang juga!